KPU Kab Bandung Lanksanakan Bimbingan Teknis Terhadap 1200 Saksi di TPS

0
24

Beritaplatmerah.com-Bandung-Wakil Ketua Korwil Daerah Pemilihan IV Iwan Salman menyatakan, pelaksanaan bimbingan teknis (Bintek) terhadap 1200 saksi di tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kab. Bandung 9 Desember 2015 mendatang, untuk memberikan pemahaman kepada mereka saat pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Bintek juga turut dihadiri sekitar 300 kordinator desa dan kecamatan asal Kec. Cicalengka, Cikancung, Rancaekek, Nagreg (dapil IV) dan Kec. Ciparay dan Baleendah (dapil VI).

Pelaksanaan bintek itu di Gedung Oniba Jalan Raya Cicalengka-Majalaya Kec. Cicalengka Kab. Bandung, Minggu (29/11/2015).
“Dalam pelaksanaan bintek ini, masing-masing TPS satu saksi. Ditambah satu desa satu koordinator desa dan satu kecamatan 4 koordinator desa dari masing-masing partai pengusung pasangan,” kata Iwan.

Para saksi yang mengikuti bintek itu dari pasangan calon bupati dan wakil bupati Bandung K.H. Sofyan Yahya-H. Agus Yasmin.
Iwan yang juga sebagai Ketua Penyelenggara Bintek tersebut mengatakan, para saksi tersebut disiagakan pada saat pemungutan dan penghitungan suara pada saat hari H pilkada.

“Jangan sampai para saksi salah melakukan pemangawasan,” katanya.
Untuk itu, kata Iwan, melalui bintek ini mereka diberikan pemahaman dalam tata cara menjadi saksi di TPS.
“Para saksi juga dituntut ada ketelitian dalam melakukan pengawasan surat suara, selain itu harus mengetahui daftar pemilih tetap,” katanya.

Disamping itu, kata dia, kehadiran jumlah pemilih ke TPS harus diketahui para saksi.
“Intinya, para saksi dalam teknis kerjanya mula dari pembukaan sampai penghitugan akhir harus ada di TPS,” katanya.
Menurutnya, jika ada pelanggaran dalam pemungutan dan penghitungan suara bisa melaporkan ke Ketua Kelompok Pemungutan Penghitungan Suara. Di setiap TPS ada penamping panwas,” katanya.(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here