KMPPP datangi KPU Menjelang Penetapan Bakal Calon Pilkada Pemalan

0
11

Beritaplatmerah.com-Pemalang-KMPPP(Koalisi Masyarakat Pemalang Peduli Pemilu) yang terdiri dari beberapa LSM dan Ormas mendatangi KPU terkait persyaratan bakal calon yang akan ditetapkan pada tanggal 24 agustus mendatang.

Hal demikian langsung dikonfirmasi oleh pihak KPUD Pemalang,rabu (19/08/2015),dalam proses audiensi tersebut, banyak berbagai pertanyaan yang di ajukan oleh beberapa LSM dan Ormas yang mengatasnamakan KMPPP kepada KPU selaku pihak yang berwenang,seperti syarat dan ketentuan undang undang hukum yang ditujukan bakal calon Pilkada Pemalang, agar proses tersebut berlangsung transparan sehingga tidak menimbulkan kejanggalan bagi masyarakat pemalang.

Adapun kaitannya dengan itu, Heru kundhimiarso (direktur PusKapik) menanyakan tentang langkah yang dilakukan KPU “terkait dengan proses verifikasi,yang mana perlu dijelaskan oleh KPU tentang dugaan kekurangan persyaratan bakal pasangan calon,pihaknya harus tegas dan berani menindak apabila ditemukan kecurangan pada syarat bakal calon tersebut dan jika KPU tetap meloloskan,maka kami akan mengajukan langkah hukum,guna mengawal jalannya proses pilkada ini,”jelas Kundhi.

Sementara itu ketua GRIB Pemalang Budi Sudiarto menambahkan”pilkada ini adalah milik rakyat yang akan memilih pemimpin untuk menentukan nasib kabupaten pemalang yang lebih baik,jadi pihak KPU harus benar benar melaksanakan tahapan pemilu secara perundang undangan KPU,karena sebagai pihak yang dituntut untuk bertanggung jawab penuh,maka dari itu KPU harus berani mencoret bakal calon jika ditemukan kecurangan dalam pilkada ini,”Tegas Budi Sudiarto.

LBH Puskapik Ivan Barischanuddin, SH. sendiri menyoroti tentang jeda waktu kurang lebih 10 hari (14-24) yang ada setelah proses verifikasi sebelum akhirnya diumumkan (penetapan). “Terkait hal tersebut, apakah dimungkinkan ada susulan perbaikan berkas sementara masa perbaikan sudah ditentukan oleh KPU,” tanya Ivan.

Sementara menambahi pernyataan Puskapik, Menanggapi semua pernyataan dan pertanyaan yang dilontarkan, Ketua KPU Pemalang Abdul Hakim, SHI menyampaikan bahwasanya tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada sudah ada aturanya. “Progres pencalonan dapat disampaikan, apapun rumor yang berkembang diluar, secara resmi KPU Pemalang belum mengumumkan hasil verifikasi.dan hasil final penetapan bakal calon akan resmi diumumkan untuk menjadi konsumsi publik pada tanggal 24 Agustus 2015,” ungkap Abdul Hakim.

proses Audiensi KMPPP-KPU Pemalang
proses Audiensi KMPPP-KPU Pemalang

Abdul Hakim juga menegaskan, KPU akan on the track dan bertindak sesuai dengan undang-undang dan peraturan KPU. Adapun tahapan- tahapanya bisa diketahui yakni, tanggal 4-7 Agustus adalah waktu untuk melengkapi berkas, dan tanggal 8-14 Agustus adalah masa verifikasi. “Yang jelas, verifikasi sudah KPU lakukan. KPU sangat mengapresiasi kegiatan hari ini sebagai upaya pengawalanpilkada pemalang.

Apapun, pihak KPU Pemalang akanselalu berkonsultasi ke pihak KPU Provinsi dan KPU Pusat,” pungkas Abdul Hakim.

Di akhir sela sela acara audiensi dengan KPU,Heru kundhimiarso menyampaikan upaya yang kami lakukan,adalah sebagai langkah tegas agar KPU tidak menyalah gunakan kewenangannya,serta tidak terpengaruh dan terintervensi dari pihak manapun,sehingga proses menjelang pilkada ini berjalan dengan fair,jujur,adil dan terkesan tidak ditutup tutupi oleh KPU kepada khalayak,yaitu masyarakat kabupaten Pemalang,”Tutur Kundhi. (Jery)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here