Ketua Umum Gapenta:”Tepat Pemberian Amnesti Kepada Din Dimini Cs”

0
14

Beritaplatmerah.com-Jakarta-Ketua Umum Dpn Gepenta “Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba Tawuran dan Anarkis” Dr. Parasian Simanungkalit mengatakan,  sangat tepat pemberian Amnesti kepada Din Minimi dan kelompoknya.(Markas Dpn Gepenta di Jakarta Selatan,7/1/2016).

Dikatakannya,bahwa perlu diciptakan rasa damai dan aman diseluruh wilayah Indonesia agar Bangsa Indonesia terhindar dari perbuatan anarkis dan teror yang dilakukan oleh kelompok pelaku anarkis.

Dari sudut pandang Visi dan missi Gepenta sangat tepat pemberian Amnesti kepada Din Minimi.
Untuk menciptakan Indonesia negeri damai aman makmur dan sejahtera maka semua cara harus ditempuh, baik pencegahan, penindakan hukum dan juga pemberian pengampunan berupa amnesti.


Menggerakkan rakyat setempat untuk sadar dan bangkit bersama Pemerintah mencegah dan menaggulangi setiap perbuatan anarkis merupakan suatu langkah terpuji, kata Parasian.


Tidak semua tindak pidana harus dihukum, dapat diberikan amnesti apabila pelakunya berdampak luas dan langgeng lama dan memadamkannya tidak harus memusnahkan membunuh mereka. Apabila ada kesadaran bahwa kelompoknya ingin meletakkan senjata dan sadar ingin kembali sebagai rakyat yang turut menciptakan damai dan aman maka hal itu perlu di respons oleh Pemerintah dan Presiden.


Hal ini dalam terori hukum disebut “Ultimum Remidium” artinya tidak semua perbuatan pidana harus dilakukan tindakan dan proses hukum diajukan ke sidang pengadilan tetapi dapat di kesampingkan. Penyampingan hukum itu dapat berupa azas oportuniteit oleh Kejaksaan dan juga berupa Amnesti dari Presiden yang merupakan pengampunan dan atau pemberian Grasi.


Tetapi dalam hal ada kelompok bersenjata yang sangat mengganggu keamanan seperti Din Minimi maka pemilihan pemberian Amnesti itu sangat tepat. Demikian pendapat Dokor Hukum Alumni UNS tersebut.


Jadi saya mendukung Kepala BIN dan Presiden Jokowi memberikan Amnesti kepada Din Minimi.
Semoga apa yang menamakan dirinya OPM di Papua mau juga meletakkan senjata dan sadar bernegara bahwa Indonesia adalah Negara mereka juga”tuturnya.

Pembangunan phisik telah diarahkan ke wilayah Papua merupakan langkah awal untuk berdamai dengan OPM dan apabila mereka mau meletakkan senjata dan menyatakan ikut mensukseskan Pembangunan di Papua maka hal pemberian Amnesti juga merupakan langkah yang tepat.


Dengan demikian Presiden Jokowi telah menciptakan Indonesia negeri damai dan aman dan dapat mewujudkan rakyat yang makmur dan sejahtera.”tungkasnya

gapenta
DR.Parasian Simanungkalit (Ketum Gapenta)

Editor:agus nainggolan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here