Ketua DPR: Pemerintah yang Minta Tunda RUU Terorisme

0
8

Presiden Joko Widodo mendesak DPR dan kementerian untuk menyelesaikan RUU Terorisme yang sudah diajukan pemerintah sejak Februari 2016, bahkan mengancam akan menerbitkan Perppu jika RUU itu tak selesai Juni.

Menyikapi hal itu Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan justru RUU itu tinggal disahkan oleh DPR, setelah dibahas Panitia Kerja (Panja). Sebaliknya, Bamsoet justu mendesak agar pemerintah yang berkomitmen menyelesaikan RUU itu.

“Ketua DPR mendesak internal pemerintah capai kesepaktan agar RUU Terorisme segera disahkan,” kata Bamsoet, Senin (14/5).

Bamsoet menerangkan sebenarnya revisi tersebut sudah hampir selesai, namun pemerintah yang masih menunda karena belum ada kesepakatan terkait definisi terorisme.

“Terkait RUU Terorisme, DPR sebenarnya 99 persen sudah siap ketuk palu sebelum reses masa sidang yang lalu. Namun pihak pemerintah minta tunda karena belum adanya kesepakatan soal definisi terorisme,” ujarnya.

“Begitu definisi terorisme terkait motif dan tujuan disepakati, RUU tersebut bisa dituntaskan,” tegasnya.

Bamsoet menegaskan jika pemerintah sudah menyepakatinya, maka bisa dipastikan pada masa sidang yang akan datang revisi tersebut sudah bisa diselesaikan.

“Jika pemerintah sudah sepakat tentang definisi terorisme, RUU Terorisme bisa dituntaskan pada masa sidang mendatang,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here