Kecerdasan Komputer Google

0
9

Jakarta – Kecerdasan buatan katanya mengalami perkembangan mencengangkan. Dan itu terbukti ketika komputer Google ini mampu mengalahkan otak manusia dalam sebuah permainan board game kompleks bernama Go.

Go adalah board game klasik asal China yang sangat rumit dengan triliunan kemungkinan gerakan. Nah, Google mendesain komputer bernama AlphaGo untuk menantang pemain terbaik dunia Go bernama Lee Se-dol. Pertandingan dilakukan 5 kali di Korea Selatan.

Pertandingan pertama sudah berlangsung dan hasilnya, AlphaGo berhasil mempecundangi Lee. Sebuah hasil yang cukup mengejutkan karena sebelum pertandingan, Lee dengan yakin mengatakan bakal mengalahkan AlphaGo.

“Aku sangat terkejut karena aku tak pernah berpikir akan kalah. Aku tak tahu kalau AlphaGo akan memainkan permainan Go yang sempurna,” kata Lee. Ia mengaku kalah setelah pertandingan berlangsung 3,5 jam.

Demis Hassabis, Chief Executive divisi kecerdasan buatan Google DeepMind yang menciptakan AlphaGo mengatakan kalau kemenangan ini adalah peristiwa historis. Pertandingan yang berlangsung di Seoul ini diliput ratusan wartawan dan bisa disaksikan langsung di YouTube.

Go sendiri adalah board game strategi dengan dua pemain yang dikatakan berasal dari China 3.000 tahun lalu. Pemain berkompetisi untuk memenangkan lebih banyak teritori dengan menempatkan bidak putih dan hitam.

Go lebih kompleks dari catur dengan jauh lebih banyak kemungkinan langkah serta membutuhkan skill insting dan evaluasi. Maka banyak ahli yakin komputer belum bisa menguasai Go sepenuhnya.

Sebelum pertandingan, Lee yakin menang mudah karena menganggap intuisi manusia akan menang dari komputer. Namun setelah melihat kemampuannya, Lee berpandangan sebaliknya, bahwa AlphaGo sedikit banyak sudah bisa menyamai intuisi manusia dan mungkin saja menang. Itu sudah terbukti benar di pertandingan pertama.

Lee menghadapi tantangan besar karena Google menyatakan AlphaGo bertambah pintar setelah melakukan pertandingan. Artinya program ini mampu belajar. Ke depannya, teknologi AlphaGo diharapkan bisa diimplementasikan di bidang lainnya.

Bukan kali ini saja kecerdasan manusia dikalahkan komputer. Tahun 1997, mesin DeepBlue buatan IBM mampu menaklukkan juara dunia catur saat itu Garry Kasparov.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here