Kawasan Cicadas Akan Bebas PKL

0
14

Bandung – Gebrakan Penertiban Pedagang Kali Lima (PKL) Cicadas yang ditunggu-tunggu akan terealisasi pertengahan tahun ini. Tim Satgasus PKL menargetkan empat bulan ke depan, kawasan Cicadas bersih dari PKL. Sebanyak 600 PKL akan direlokasi ke Eks Matahari Mal, Jalan Ibrahim Adjie.

Pemkot Bandung sudah bekerjasama dengan PD Djawi selaku pengelola Eks Matahari untuk menampung para PKL tersebut.

“Tadi kita rapat penting. Sesuai janji, pelan-pelan menata PKL. Ada empat lokasi, Gelapnyawang, Purnawarman, Otto Iskandardinata dan Cicadas,” jelas pria yang akrab disapa Emil itu.

Puluhan tahun, ratusan PKl itu sudah menempati trotoar sepanjang Jalan Ahmad Yani, Cicadas. Kepemimpinan silih berganti, belum ada yang bisa menertibkan kawasan tersebut.

Upaya penertiban sudah ada sejak dua tahun lalu. Namun Pemkot Bandung belum mengeksekusi karena belum ada lokasi baru yang menampung PKL.

“Sekarang persiapan PKL Cicadas ke Eks Matahari. Karena kemarin kan sempat bermasalah, sekarang sudah bersih,” ujar Emil.

Sebelum Eks Matahari Mal tersebut dibangun menjadi Rusunami, tempat itu akan digunakan Pemkot Bandung untuk memindahkan PKL.

“Nanti di lokasi akan dibangun rumah susun untuk menengah ke bawah dan penataan ekonomi mikro dengan menyediakan tempat untuk PKL. Jadi nanti mereka akan menempati itu. Untuk sementara dominasinya di tempat outdoor,” terang Emil.

Di tempat yang sama Sekretaris Satgasus PKL Erick M Ataurik mengatakan, Tim Satgasus PKL menargetkan Cicadas bersih dari PKL 4 bulan mendatang.

“Target PKL Cicadas ini 4 bulan ke depan. Ini memang masih perencanaan makro. Mudah-mudahan dalam satu minggu ke depan skenario tenisnya akan kita bahas,” jelasnya.

Pagi tadi Emil dan Tim Satgasus PKL melakukan rapat dengan pengusaha dan perwakilan PKL. Menurut Ercik, PKL Cicadas mulanya belum mantap untuk direlokasi. Namun Emil langsung memberikan garansi bahwa para PKL akan diberi tempat permanen.

“Sampai tadi memang PKL Cicadas pada dasarnya belum fix. Tapi setelah diberikan garansi bahwa nanti akan diakomodir secara permanen di rusunami mereka tidak berkometar lagi,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here