Kapolri Tito Karnavian Bertemu Mendagri Yordania Bahas Kerja Sama Penanggulangan Kejahatan Lintas Negara

0
11

Kapolri Jenderal Polisi Prof. H Muhammad Tito Karnavian melakukan pertemuan dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Yordania, Samir Mubaidin, di kantor Kemendagri, Amman, Senin (7/5/2018).

Kunjungan ke Yordania rangka menghadiri pameran industri strategis dan Hankam, SOFEX, 7–10 Mei 2018. Sementara, pertemuan tersebut untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama Indonesia-Yordania yang sudah berjalan sangat erat saat ini.

Kapolri Tito Karnavian menyampaikan perlu memperkuat kerja sama antarlembaga kepolisian dalam penanggulangan kejahatan lintas negara, termasuk perdaganganan obat terlarang, kejahatan siber, dan terorisme, serta pengembangan kapasitas kelembagaan.

Dalam konteks mendukung peningkatan hubungan ekonomi dan perdagangan kedua negara, Kapolri mengusulkan rancangan MOU kepada Kemendagri Yordania untuk dibahas dan ditandatangani kedua pihak pada waktunya.

Sementara itu pada pada kursus pelatihan dan kepolisian pada Jakarta Center for Law Enfocement Cooperation (JCLEC) yang masih berjalan, saat ini sudah ada 12 orang peserta dari Yordania di JCLEC dan diharapkan lebih banyak lagi peserta Yordania.

“Kita juga menyatakan keinginan untuk menempatkan pejabat Polri (LO) di Perwakilan RI di Amman sekiranya disetujui Pemerintah Yordania, “ ungkap Jenderal Tito.

Kapolri didampingi Duta Besar RI Amman, Andy Rachmianto, Kadivhubinter Polri, Irjen S. Maltha, dan Karominister Brigjen Krishna Murti, serta sejumlah pejabat lainnya dari Polri dan KBRI Amman. Sementara , Mendagri Yordania didampingi oleh Asisten Direktur Public Security Directorate (PSD), Brigjen Salim Olaimat, dan beberapa pejabat Kemendagri Yordania.

Mendagri Yordania menyambut baik keinginan serta usulan kerja sama dari Polri dan menyatakan kesiapan pihaknya untuk melakukan tindak lanjut yang diperlukan, terutama finalisasi penyusunan MOU.

Mendagri juga sepakat mengenai keperluan bagi kedua negara untuk mempererat kerja sama di bidang keamanan dan penanggulangan kejahatan lintas negara, termasuk terorisme.

“ Yordania, sebagai negara yang selalu berada pada garda depan dalam perang melawan terorisme, selalu siap  untuk bekerja sama,” tegasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here