Kantor Imigrasi Pemalang Gelar Sosialisasi APOA dan Buka Bersama

0
16
sosialisasi
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Pemalang Drs. Effendi Saragih, MM. Pejabat Struktural dari Direktorat Penyidikan dan Penindakan Keimigrasian yang diwakili oleh Victor Manurung, SH. MH. selaku Kasi Penindakan Wilayah I dan Alphan Doli Nugraha, ST. dari Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian dalam Sosialisasi APOA di Hotel Regina Pemalang

Beritaplatmerah.com-Pemalang – Tidak kurang dari 62 orang pemilik/pengurus penginapan beserta 40 staff hotel se-Eks Keresidenan Pekalongan, dan jajaran Pegawai Kanim Kelas II Pemalang, hadir dalam agenda sosialisasi tentang penggunaan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) di Hall Hotel Regina Pemalang, Selasa (7/7/2015).

Kegiatan yang dimulai pukul 15.30wib-19.00wib adalah tindak lanjut dari pelaksanaan amanat Pasal 72 UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, yakni Kewajiban pemilik/pengurus tempat penginapan dan masyarakat untuk melaporkan keberadaan Orang Asing yang menginap ditempat penginapan/rumahnya.

Juga penerapan instruksi Dirjen Imigrasi tentang mekanisme pelaporan Orang Asing yang memudahkan pelapor, berupa Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) yang dapat diakses melalui internet secara online (daring) kepada pemilik/pengurus tempat penginapan yang diwajibkan mulai tanggal 22 Juni 2015 untuk melaporkan keberadaan Orang Asing yang menginap/tinggal di hotel/tempat penginapannya paling lambat 1×24 jam sejak Orang Asing tersebut mulai menginap. Selain Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Pemalang Drs. Effendi Saragih, MM. hadir juga sebagai narasumber,

Pejabat Struktural dari Direktorat Penyidikan dan Penindakan Keimigrasian yang diwakili oleh Victor Manurung, SH. MH. selaku Kasi Penindakan Wilayah I dan Alphan Doli Nugraha, ST. dari Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian. Dikutip dari sumber Imigrasi Pemalang, selain sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada publik mengenai penggunaan APOA, juga sebagai ajang silaturahmi karena disela-sela acara dilaksanakan pula buka puasa bersama.

Manfaat yang lain yang diharapkan dalam penggunaan APOA oleh pemilik/pengurus tempat penginapan dan masyarakat antara lain, memudahkan pelaporan dalam melaksanakan kewajibannya untuk melaporkan Orang Asing kepada Kantor Imigrasi setempat. Memudahkan Kantor Imigrasi dalam memberikan pelayanan kepada Orang Asing dalam konteks pemberian perlindungan, misalnya apabila Orang Asing tersebut hilang dan tidak dapat dihubungi oleh keluarga yang bersangkutan. Serta memberikan sarana penyampaian aspirasi dari masyarakat, khususnya pemilik/pengurus tempat penginapan kepada Kantor Imigrasi apabila menemukan Orang Asing yang diduga melanggar ketentuan hukum.(Hum IMP/joko longkeyang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here