Kadin Dorong Kemajuan Industri Pariwisata dan Pertanian

0
5

Beritaplarmerah – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Indonesia Eddy Ganefo berharap Pemerintah Kota (Pemkot) bersinergi dengan Kadin Kota Palembang untuk meningkatkan kerjasama di bidang pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan industri pariwisata.

“Kita harapkan sinergi ini bisa dilaksanakan dengan baik untuk mendorong perkembangan perekonomian, agar ekonomi kecil jadi menengah, ekonomi menengah jadi besar, serta usaha di bidang pariwisata makin meningkat,” ujar Eddy Ganefo ketika menghadiri musyawarah dan pelantikan Kadin Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan, di kantor DPD RI Jakabaring, Kamis (8/2/2017).

Edi yang merupakan putra asli Palembang tersebut, sangat mengetahui potensi wisata di Palembang, yakni sungai Musi.

“ Ada potensi wisata yang sudah tersohor lainnya, yakni Pulau Kemarau. Pulau yang melegenda oleh kisah cinta Than Bun An dan Siti Fatima itu,” kata Eddy Ganefo.

Masih menurut Eddy Ganefo, dalam pertemuan antara Kadin Indonesia dan HKTI Provinsi Sumatera Selatan telah terjalin kesepahaman untuk kerjasama membuka usaha bersama mengembangkan pertanian padi dan kelapa di Palembang seluas 6000 hektar.

“Kerjasama mengembangkan usaha pertanian padi dan kelapa di Palembang diharapkan mendorong perkembangan ekonomi daerah,” tandasnya.

Dewan pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Palembang periode 2018-2023 resmi dilantik usai Musyawarah Kota Ke-XII Kadin Palembang di gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Palembang, Kamis (08/02/2018).

Ketua Kadin Kota Palembang, Darwis, mengucapkan terima kasih atas terpilihnya dirinya dan juga mengatakan akan memfokuskan peningkatan pada sektor Usaha Mikro dan Kecil Menengah yang ada di Kota Palembang.

“Kita fokuskan pada sektor UMKM di Kota Palembang, pengusahadi bidang kuliner Palembang seperti Pempek dan Kemplang. Produk kuliner tradisional kita potensinya bagus. Sebagai usaha mendukung visi Palembang Emas dan juga Asian Games 2018,” katanya usai dilantik sebagai Ketua Kadin Kota Palembang.

Darwis menambahkan, dalam menghadapi era perdagangan bebas ia optimis dalam menghadapi persaingan. Pihaknya akan mengoptimalkan sektor usaha lain seperti dengan merangkul pengusaha di sektor pariwisata di Pulau Kemaro dan pembuatan dok kapal Mariana.

“Kita rangkul pengusaha di sektor lain. Sektor Wisata di Pulau Kemaro dan pembuatan dok kapal di Mariana,” katanya.

Sebelum acara pelantikan Ketua Kadin tersebut juga dilakukan Musyawarah Kota Ke-XII Kadin Palembang yang juga dihadiri oleh Asisten III walikota Palembang, Agus Kelana, Ketua Umum Kadin Indonesia Eddy Ganefo, Ketua Kadin Sumsel Ferdi Ali Ghafur, Kalpolresta Palembang, Ketua BNN, Ketua KPU, Ketua LPJK Sumsel, Syarifuddin, Direktur Bank Sumsel Babel, Direktur Bank Mandiri, BUMN seperti PT Pertamina dan PT Pusri serta Asosiasi perdagangan dan perindustrian kota Palembang.(amr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here