Kades Ombolata Afulu Tak Bisa Dibina, Camat Afulu Kembalikan ke Pemda

0
2

Nias Utara (Sumut) – Camat Afulu, Otoni Zebua melalui media ini ketika dikonfirmasi terkait surat rekomendasi Bupati Nias Utara mengatakan bahwa pihaknya sudah menyerahkan dan mengembalikan kepada inspektorat dan Bupati untuk melanjutkan rekomendasinya karena menurutnya tidak bisa dibina dan diarahkan kepala desa Ombolata Afulu, Artinus Waruwu.

“Coba dengan undangan rapat di desa pada hari Jumat tersebut saya telah mengingatkannya, kita itu saling menghargai pak kades, saya juga menghargai dan tunduk pada pimpinan saya di kabupaten dan kamu juga tunduk pada pimpinan di kecamatan, bagaimana dengan rekomendasi pimpinan kita (Camat Afulu, red),” kata Camat Afulu saat dikonfirmasi Beritaplatmerah.com, belum lama ini.

Namun Kepala Desa saat itu langsung membatah lanjutan bicara dan menjawab, “Soal masalah surat rekomendasi Bupati bisa saya iyakan bisa tidak! Itu adalah hak saya memberhentikan dan mengangkat Perangkat Desa bukan Bupati. Soal rekomendasi itu nanti saya hubungin dia, Aman itu,” kata Camat Afulu menirukan ucapan Kades.

Lanjutnya menjelaskan, rapat yang terlaksana itu pun rancu bukan membahas perihal dalam surat undangan, tentang keberatan atas nama Tali’ia Gea pada pemberhentiannya sebagai Kepala Dusun III, dimana daftar hadir yang ditandatangani warga dalam rangka penyelesaian masalah pemberhentian Tali’ia Gea dan keputusan rapat untuk memilih dan menetapkan  Hasatulo Waruwu sebagai Kepala Dusun III di Desa Ombolata Afulu.

“Bukan menetapkan Tali’ia Gea dan membayarkan honornya sehingga keputusan rapat tersebut pada hari Jumat belum saya tandatangani dan sudah saya kembalikan di desa. Saya tidak mau diikat oleh kepala desa dalam masalah ini,” jelas Camat.

Makanya, kata Camat, pihaknya saat ini mengembalikan kepada Bapak Inspektorat dan Bapak Bupati untuk segera memberlakukan konsekuensi peraturan perundang-undangan yang berlaku kepada kepala desa Ombolata Afulu. Menurutnya, tidak bisa diarahkan kepala desa ini.

“Saya ini sudah beberapa kali jadi Camat dan baru kali ini saya temukan seorang Kepala Desa yang tidak tunduk pada atasan. Untuk sanksi administrasi biarkan atasan yang mengeluarkannya,” ujarnya Camat.

Sementara itu, warga inisial KZ meminta kepada Pejabat Pemerintah Daerah segera mengeluarkan sanksi administrasi kepada kepala Desa Ombolata Afulu, dimana Camat Afulu telah mengembalikan masalah ini kepada pejabat di Kabupaten, karena Kepala Desa ini sudah tidak bisa diarahkan.

Dijabarkannya, sementara dalam surat lanjutan rekomendasi Bupati yang dikeluarkan Inspektorat baru-baru ini bahwa telah diberikan amanat kepada Camat untuk segera mengeluarkan sanksi jika Kepala Desa Ombolata Afulu tidak menindaklanjuti rekomendasi tersebut sesuai dilink berita sebelumnya.

“Sementara Camat Afulu saat ini lepas tangan akan permasalahan pemberhentian Tali’ia Gea yang telah cacat prosedur dilakukan oleh Kepala Desa Ombolata,” jelas KZ.(Ahem)

SHARE
Previous articleKenaikan Harga Premium Ditunda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here