Jokowi Resmikan Gedung Rp 8 Triliun Milik Surya Paloh

0
51

BERITAPLATMERAH.COM-JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proses peletakan batu pertama (groundbreaking) gedung milik PT China Sonangol Media Investment (CSMI), sebuah perusahaan kerja sama antara PT China Sonangol Land dan Media Group. Pembangunan gedung berlantai 59 ini menghabiskan dana Rp 8 triliun.

Acara ini juga dihadiri oleh Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Jaksa Agung M Prasetyo, Kabareskrim Komisaris Jenderal Budi Waseso, dan tentunya Surya Paloh beserta dewan komisaris serta manajemen China Sonangol dan undangan dari kalangan pemerintahan, tokoh lembaga keuangan, dan kalangan pebisnis.

Jokowi mengungkapkan, kedatangannya ke acara ini karena ingin menunjukkan bahwa investasi akan terus berjalan dan mengalir, sehingga pertumbuhan investasi dipastikan akan terjadi.

“Memang negara kita tidak hanya tergantung pada APBN untuk menumbuhkan ekonomi, tapi pertumbuhan ekonomi juga sangat tergantung pada investasi. Tidak mungkin semua pembangunan dibiayai APBN,” ujar Jokowi dalam sambutannya di Jakarta Pusat, Sabtu (23/5).

Ia lantas menyampaikan kabar baik bahwa standar investasi Indonesia naik peringkat. “Kita susah mendapatkan grade dan level yang lebih baik. Kita harapkan dalam 12 bulan ini kita bisa masuk investment grade,” kata dia.

Dengan naiknya peringkat itu, imbuh dia, maka diharapkan persepsi para investor asing kepada Indonesia adalah negara yang memiliki masa depan yang sangat baik. “Bapak Ibu harus optimistis bahwa itu akan terjadi. Kalau bekerja tidak mempunyai harapan pasti tidak berani memulai investasi,” ujar dia.

Dengan dibangunnya gedung Rp 8 triliun ini, Jokowi menyimpulkan bahwa ini merupakan pertanda bisnis properti ke depan akan semakin baik. Pasalnya, dengan dana pembangunan sefantastis itu, maka investor pasti telah mengkalkulasi dan menghitung untung ruginya.

“Tidak mungkin kalau ke depan ekonomi tidak baik malah berani membangun gedung Rp 8 triliun. Ini salah satu yang akan diikuti investor yang lain. Kita ingin lihat pertumbuhjan ekonomi berada pada rencana yang kita inginkan,” kata dia.

Ia berharap pembangunan gedung ini akan menjadi pemicu investor asing lainnya untuk berbondong-bondong menanamkan modalnya di Tanah Air.

“Dengan mengucapkan bismillah, groundbreaking Gedung Indonesia 1 saya nyatakan mulai dibangun,” ujar Jokowi seraya menekan tombol sirine sebagai tanda peresmian secara simbolik.

Gedung Indonesia 1 diklaim sebagai gedung berskala internasional yang nantinya menjulang setinggi 303 meter. Penamaan Indonesia 1 bermakna satu semangat, satu kebanggaan, dan satu tujuan untuk membangun bangsa.

Gedung ini akan bersetifikat Greenmark Platinum Grade A untuk kelas bangunan komersial berskala internasional dan terhubung dan memiliki akses langsung ke stasiun MRT yang tengah dibangun di kawasan tersebut.

Gedung ini akan memiliki menara kembar yang masing-masing memiliki 59 dan 55 lantai. Dibangun di atas lahan seluas 18.925 meter persegi dengan luas area konstruksi 306.000 meter persegi. Di dalamnya akan ada perkantoran, ruang ritel, kondominium, serta service apartment.

Tower di sebelah utara terdiri atas perkantoran dari lantai 4 sampai dengan 44, dengan luas antara 1.685 sampai 1.830 meter persegi. Sedangkan service apartemen dari lantai 47 sampai dengan 57. Terdiri atas tipe studio dengan luas 29.60 meter persegi sebanyak 36 unit, tipe 1 kamar tidur dengan luas 55.20 meter persegi sebanyak 63 unit, tipe 1 kamar tidur dengan luas 76.00 meter persegi sebanyak 24 unit, tipe 2 kamar tidur dengan luas 99.50 meter persegi sebanyak 36 unit, tipe 2 kamar tidur dengan 122.00 meter persegi sebanyak 2 unit. Total apartemen sebanyak 161 unit diperuntukkan bagi keluarga.

Sedangkan di tower sebelah selatan terdiri dari atas perkantoran dari lantai 4 sampai dengan 46 dengan luas antara 1.685 sampai 1.830 meter persegi. Restauran dengan pemandangan seluruh kota Jakarta dari lantai 49 hingga 55. Lantai 1 sampai 4 untuk area service restaurant. Fasilitas lain adalah 7 lantai parkir di basement.

CNN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here