pendidikan

Jokowi : Pendidikan Kita Banyak Teori Minim Praktik

BERITAPLATMERAH, Jakarta Presiden Joko Widodo menilai pendidikan yang selama ini diterapkan di Indonsia terkesan normatif. Pendidikan di Indonesia lebih banyak teori, namun minim praktik. Perbandingannya: 70:30 persen.

Menurut Jokowi, porsi pendidikan sejatinya lebih banyak praktik atau pelatihan. “Tapi, yang terjadi sekarang hampir 70 persen guru-gurunya normatif yang berkaitan dengan pendidikan. Pelatihannya justru enggak ada,” kata Jokowi dalam Sarasehan 100 Ekonom Indonesia, di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Porsi ini, tambah Jokowi, yang membuat Indonesia kalah bersaing. Apalagi, jika dibandingkan dengan Jerman dan Korea Selatan.

Jokowi mengatakan, Pemerintah kini sedang menggencarkan pendidikan vokasional untuk memperbanyak praktik dibanding teori. Sebab, tantangan dunia kerja nanti lebih banyak yang membutuhkan praktik. Pemerintah menggandeng dunia usaha untuk menyukseskan program ini.

“Kita kerja sama dengan industri agar vokasional bisa digarap besar-besaran. Sudah ada, tapi dalam jumlah kecil dan ini perlu dilakukan besar-besaran sehingga kualitas SDM (sumber daya manusia) kita betul-betul berada pada kualitas sangat baik,” kata dia.

Sumber : metrotvnews