presiden-jokowi-kunjungi-pasar-dan-jalan-tol-batang-semarang-gmiihixknl

Jokowi: Mudik Tahun Ini,Jakarta Semarang Bisa Gunakan Tol

BERITAPLATMERAH,BATANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa jalur Tol yang menghubungkan Pemalang hingga Semarang di jadwalkan akan bisa digunakan oleh para pemudik pada  Lebaran tahun ini, masyarakat dari Jakrta ke Semarang bisa menggunakan jalan tol  . Meski belum seluruhnya selesai, namun beberapa ruas Tol Trans Jawa bisa digunakan secara fungsional.

Secara fungsional bisa digunakan, ini artinya, struktur tanah sudah dikeraskan dan dilapisi beton alias lean concrete. Selain itu, di sepanjang jalan juga akan dipasang lampu untuk menjaga keselamatan pemudik di malam hari.”katanya

Ketiga ruas jalan tol yang bisa dilalui secara fungsional, antara lain Tol Pejagan-Pemalang, Tol Pemalang-Batang, dan Tol Batang-Semarang.

“Lebaran 2017 sampai ke Semarang bisa dipakai. Belum sempurna selesai tapi bisa dipakai,” jelas Jokowi, saat meninjau proyek Tol Batang-Semarang, Batang, Senin (9/1/2017).

“Kita akan berusaha ini bisa dipakai,” lanjut Jokowi.

Jokowi menambahkan, proses pembebasan lahan proyek Tol Batang-Semarang seksi I dan II hari ini sudah selesai dibayar. Pemerintah membayar sisa ganti rugi sebesar Rp 90 miliar dengan luas 9 hektar.

“Ini proses pembebasan Batang hari ini selesai,” kata Jokowi.

Pembangunan tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer (km) ini sempat mangkrak selama 20 tahun. Pembangunan jalan tol ini sempat terhenti dan kembali dilanjutkan Juni 2016 lalu saat groundbreaking oleh Jokowi.

“Berhenti 20 tahun ini,” ujar Jokowi.

Proyek ini awalnya dibangun tahun 1996 silam. Namun, karena tidak menunjukkan kemajuan, maka penugasan diberikan kepada PT Jasa Marga Semarang-Batang, perusahaan patungan antara PT Jasa Marga Tbk dan PT Waskita Karya Toll Road.

Tol ini terbagi dalam 5 seksi, yakni:

  1. Seksi I Batang-Batang Timur sepanjang 3,20 km,
  2. Seksi II Batang Timur-Weleri sepanjang 36,35 km,
  3. Seksi III Weleri-Kendal sepanjang 11,05 km,
  4. Seksi IV Kendal-Kaliwungu sepanjang 13,5 km,
  5. Seksi V Kaliwungu-Krapyak sepanjang 10,9 km.                                                                                        (Agus Nainggolan)