Jepang akan Segera Mengakui Palestina Sebagai Negara Merdeka

0
9

TOKYO – Pemerintah Jepang dilaporkan akan segera memberikan pengakuan kepada Negara Palestina dan akan memperbesar sumbangannya kepada Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).Langkah itu bertentangan dengan sekutu terbesarnya, Amerika Serikat (AS) yang justru memotong dana bantuan bagi UNRWA.

Staf Senior Presiden Palestina, Nabil Shaath mengatakan, Jepang telah menjanjikan dukungan bagi hak-hak rakyat Palestina untuk membentuk sebuah negara merdeka dengan Yerusalem sebagai Ibu Kotanya. Hal itu disampaikan Jepang dalam pembicaraan terakhir yang dilakukan kedua negara.

Berdasarkan keterangan Shaath yang dilansir Middle East Monitor, Senin (5/2/2018), Jepang akan mulai mengumpulkan tanda tangan dari para anggota parlemennya yang ingin mendesak pemerintah untuk mengakui Negara Palestina. Setelah itu Jepang akan mendirikan perwakilannya di Ramallah dan menyelesaikan proses pengakuan secara penuh.

Shaath mengatakan, banyak pejabat Jepang, termasuk Menteri Luar Negeri, Taro Kono dan anggota parlemen lainnya telah mengumumkan dukungan mereka terhadap digelarnya konferensi perdamaian internasional untuk menyelesaikan konflik Palestina dan Israel berdasarkan resolusi internasional.

Sementara itu, Shaath mengatakan bahwa Jepang telah berjanji untuk meningkatkan dukungannya terhadap UNRWA menyusul pengumuman AS yang menyatakan telah mengurangi bantuannya ke badan kemanusiaan PBB tersebut. Meski begitu, belum ada rincian mengenai kontribusi tambahan yang akan diberikan Jepang kepada UNRWA.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here