Jembatan Fadoro Ambruk, Dinas PUPR Nias Utara Pura-pura Tak Tahu?

0
2

Nias Utara(Sumut) – Jembatan Fadoro yang terletak di Desa Lombuza’ua Kecamatan Lotu Kab. Nias utara ambruk. Mengantisipasi hal demikian warga desa Lombuza’ua bergotong royong memperbaikinya beberapa waktu lalu. Kegiatan berupa kerja bakti massal ini dilakukan karena jembatan membutuhkan perbaikan segera karena berada di jalur vital yang menghubungkan dengan beberapa desa dan kecamatan.

“Warga kerja bakti untuk memperbaiki jembatan secara darurat,” ujar Kades Lombuza’ua, Ama sSda, Sabtu (16/06/2018) kemarin.

Dia mengatakan, pasca jembatan rusak tidak bisa dilalui kendaraan roda 4 padahal warga sangat membutuhkan jembatan ini untuk keperluan sehari-hari mulai dari membawa hasil bumi hingga sarana transportasi siswa untuk bisa sampai di tempat belajar.¬† “Jembatan ini sangat dibutuhkan warga,” ucapnya.

Jede Harefa yang juga warga setempat mengatakan bahwa jembatan ini merupakan akses penting lalu lintas warga dan anak sekolah. “Kami berharap kepada pemerintah daerah dalam hal ini Dinas PUPR Kab. Nias Utara agar segera membangun jembatan Fadoro sebelum memakan korban jiwa,” ucap Jede dengan penuh harap..

Di tempat terpisah Noferman Zega Anggota DPRD Kab. Nias Utara yang juga ketua Komisi C mengatakan bahwa jauh hari pihaknya sudah melaporkan dan sudah menyampaikan hal ini kepada Dinas PUPR Kab. Nias utara. Bahkan pada pembahasan APBD 2018 dan pada RDP Komisi C bahwa jembatan itu menjadi prioritas.

“Terakhir ini alasan mereka bahwa dana pemeliharaan tidak ada,” ucap Noferman.

Dijelaskanya lagi bahwa di APBD 2018, kita menampung lebih Rp 3 Milliar untuk dana pemeliharaan. “Saya kurang tahu indikator apa yang dipakai oleh Dinas PUPR untuk menentukan skala prioritas pembangunan,” ucap Noferman Zega, kesal.

Sampai berita ini diturunkan, berkali-kali Kadis PUPR Yulius Zai, ST, M.Eng dihubungi untuk konfirmasi namun tidak berhasil, begitu juga dihubungi via telepon selulernya juga tidak aktif. (Anuari Zendrato)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here