Jelang HUT Ke-441 Pemalang, Bupati Ziarah Ke Pesarean Agung Soeronatan

0
13
IMG-20160122-00182
Bupati Pemalang HM. Junaedi SH, MM ketika melakukan tabur bunga di salah satu makam di Komplek Pesarean Agung Soeronatan.

 

Beritaplatmerah.com-Pemalang– Keberadaan Kabupaten Pemalang yang pada tanggal, 24 Januari 2016 akan diperingati HUT Ke-441 tidak bisa dipisahkan dengan keberadaan pesarean Agung Soeronatan.

Pesarean Agung Soeronatan yang terletakĀ  di depan masjid Agung Pemalang adalah makam para Bupati Pemalang, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang disegani pada jamannya. Hal ini disampaikan oleh pengurus dan ahli waris pesarean Soeryonatan, Margono Suryo Kusumo ketika menyambut Bupati Pemalang HM. Junaedi SH, MM dan rombongan berziaroh kemakam tersebut dalam rangkaian memperingati hari jadi kabupaten Pemalang ke-441,”kami selaku pengurus dan ahli waris pesarean agung soeronatan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pemalang yang telah membantu dalam pembiayaan perawatan, dan perlu kami sampaikan bahwa di pesarean agung soeronatan ini terdapat 10( sepuluh ) makam bupati Pemalang terdahulu, Tokoh Agama yang termashur yaitu mbah Nurul Kalam dan Syech Yasin serta tokoh-tokoh lain yang telah membangun Kabupaten Pemalang di Masanya,”jelasnya.

Terkait dengan rangkaian ziaroh ke makam agung soeronatan, Bupati Pemalang HM Junaedi SH, MM dalam sambutannya mengatakan,”terima kasih telah diijinkan untuk ziarah kubur ke pesarean agung soeronatan ini, di pesarean ini di makamkan para leluhur, para Bupati ,tokoh Agama, tokoh Masyarakat yang telah meletakan pondasi kepemimpinan Kabupaten Pemalang, telah menanamkan nilai-nilai luhur, membina dan membangkitkan semangat juang mansyarakat dalam membangun sekaligus mampu mengatasi masalah yang muncul sesuai dengan perkembangan jaman,” ungkapnya.

Dalam sambutanya Bupati juga mengajak semua yang hadir di Pesarean agung Soeronatan untuk memanjatkan do’a kepada Allah SWT agar para arwah di ridhoi amal pekerjaannya yang telah diperbuat untuk kabupaten Pemalang serta mengajak para penziaroh mengenang kembali jejak perjuangan yang telah dilakukan oleh para leluhur kita dalam mempersembahkan karya nyata dalam membangun kabupaten Pemalang.

Masih dalam sambutannya bupati juga mengatakan karya besar para leluhur yang masih dapat kita nikmati sampai saat ini yaitu meletakan dasar-dasar pemerintahan yang kokoh, menanamkan nilai-nilai luhur dalam bermasyarakat yaitu keikhlasan dalam menghadapi setiap keadaan dengan diiringi semangat juang yang tinggi untuk mencapai hasil yang baik, menumbuh kembangkan gotong royong serta sikap saling menghormati antar sesama sehingga menciptakan suasana yang aman tentran serta damai tanpa ada gejolak yang berarti di setiap penyelesaian permasalahan yang ada diselesaikan dengan baik sehingga tidak berkembang menjadi konflik yang berkepanjangan yang justru merugikan masyarakat dan menghambat perkebangan.

Ziaroh ke pesarean agung Soeronatan ini diawali dengan membaca tahlil dan ayat-ayat suci al-Qur’an dan dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah(forkopimda) serta pimpinan SKPD (Joko Longkeyang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here