Jangan Bandingkan Harga BBM Kita dengan Malaysia dan Singapura

0
45

Jakarta -Harga BBM di Malaysia dan Singapura sudah turun jauh mengikuti anjloknya harga minyak dunia, kini lebih murah daripada harga BBM di Indonesia. Banyak pihak mempertanyakan mengapa harga BBM Indonesia tak ikut turun.

Menanggapi hal tersebut, Kementerian ESDM menyatakan, harga BBM di Indonesia tak bisa dibandingkan dengan harga BBM di Malaysia dan Singapura, maupun negara-negara lainnya, yang menyerahkan sepenuhnya harga BBM pada mekanisme pasar.

Sebab, penetapan harga BBM di Indonesia memang unik. Harga BBM tak serta merta langsung turun meski harga minyak dunia menurun tajam, karena pemerintah konsisten dengan aturan bahwa harga BBM ditetapkan setiap 3 bulan, berdasarkan harga rata-rata BBM di 3 bulan sebelumnya.

Misalnya harga BBM Januari-Maret, ditetapkan dari rata-rata harga BBM di Oktober-Desember. Dengan begitu, harga BBM di Indonesia lebih pasti, lebih stabil, tidak langsung bergejolak ketika harga minyak dunia naik turun.

“Kalau misalkan harga minyak suatu hari naik, nanti harga kita tetap stabil. Jadi tidak bisa dibandingkan dengan Malaysia dan Singapura,” kata Dirjen Migas Kementerian ESDM, Wiratmaja Puja, dalam konferensi pers di Gedung Migas, Jakarta, Senin (22/2/2016).

Pemerintah juga tak mau buru-buru menurunkan harga BBM, karena efek jangka panjangnya justru merugikan masyarakat. Setiap kali harga BBM naik, harga barang-barang melonjak. Tetapi ketika harga BBM turun, harga barang-barang tak ikut diturunkan.

Jika harga BBM sekarang diturunkan, dan suatu saat harus naik lagi, masyarakat harus menanggung harga barang-barang yang lebih mahal dari seharusnya.

“Saat harga BBM turun harga barang tidak turun tapi waktu naik harga barang melonjak naik. Jadi kita jaga di tengah-tengah untuk menjaga kestabilan perekonomian,” Wirat memaparkan.

Alasan lainnya adalah untuk menjaga stabilitas perekonomian, memberikan kepastian pada dunia usaha. “Pertumbuhan ekonomo kita di 2015 sampai hari ini termasuk yang paling stabil, hanya India dan China yang di atas kita. Kita menjaga kepastian dan kesejukan dunia usaha dengan membuat harga BBM tak seperti roller coaster,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here