Inilah 5 Tokoh Dunia yang Pernah Dilempar Sepatu

0
6

Menjadi tokoh dunia atau pejabat publik tidak akan bisa terlepas dari kritikan masyarakat. Baik secara langsung maupun tidak langsung kritikan pasti akan datang. Bahkan ada beberapa kejadian di mana pejabat publik mendapat serangan secara langsung oleh pengunjuk rasa dengan cara di lempar menggunakan sepatu. Seperti yang dialami oleh ke lima tokoh dunia ini yang dilempar sepatu saat memberikan pidato.

Berikut 5 Tokoh Dunia yang pernah dilempar sepatu yang diragnkum dari beberapa sumber:

1. Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad dilempar sepatu di Kairo

Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad dilempar denga sepatu oleh seorang warga yang diduga berasal dari Suriah. Dalam rekaman video yang memperlihatkan kejadian itu, tampak saat itu situasi tengah berdesakan dengan kerumunan orang ketika Mahmud akan menuju mobilnya.
Lalu, soerang pemuda mencoba memukuli presiden yang sudah berusia 56 tahun itu dengan menggunakan sepatu. Namun tidak terkena Ahhhmadinejad melainkan terkena salah satu pengawal Presiden. Pemuda itu pun langsung di tangkap atas perbuatannya itu.

2. Mantan presiden Pakistan Pervez Musharraf dilempar sepatu di pengadilan

Mantan Presiden Pakistan Pervez Musharraf dilempari sepatu oleh seorang pengacara asal Pakistan saat berjalan menuju ruang pengadilan di Pengadilan Tinggi Sindh, di Ibu kota Karachi, untuk memperpanjang jaminannya atas tuduhan konspirasi pembunuhan dan pemecatan hakim.

Pervez Musharraf

Saat itu, ada sekitar 20 orang pengacara yang memprotes pemerintahan Pervez dan meneriakkan kata-kata bahwa Musharraf seorang diktator dan seharusnya digantung, sebelum akhirnya satu dari antara pengacara itu melempar sepatu ke arah Musharraf.
Namun, dalam tayangan televisi terlihat jika sepatu itu tidak sampai terkena ke Musharraf karena saat itu Musharraf dikawal oleh pengawal yang berpakaian preman.

3. Perdana Menteri China Wen Jiabao dilempar sepatu di kampus Inggris

Perdana Menteri China, Wen Jiabao dilempari seorang pemrotes di Inggris saat Wen Jiabao menyampaikan pidatonya di Universitas Cambridge. Namun, sepatu yang dilemparkan itu tidak mengenai sasaran melainkan jatuh di podium sekitar satu meter dari Perdana Menteri. Kemudian, Wen kembali menyampaikan pidatonya sedangkan petugas membawa pemrotes itu keluar dari gedung.

4. Hillary Clinton dilempar sepatu saat Sedang pidato

Seorang wanita berani menerobos petugas keamanan lalu melemparkan sepatunya ke arah mantan ibu negara yang berusia 66 tahun, Hillary Clinton yang sedang berpidato dalam pertemuan di Institut Daur Ulang Industri (Institute of Scrap Recycling Industries- ISRI).

“Apa itu tadi? Kelelawar…? atau seseorang melempar sesuatu kepada saya?” kata Hillary Clinton pada acara yang berlangsung di hotel Mandalay Bay.

5. Wartawan Irak lempar sepatu ke George W Bush

Seorang wartawan Irak melemparkan sepatu ke arah Presiden Amerika George W Bush dalam acara jumpa pers. Wartawan tersebut langsung diamankan oleh pengawal setelah dia memanggil Bush “seekor anjing” dan melempar sepatunya, namun tidak mengenai presiden.
Ditengah jumpa pers bersama PM Maliki, seorang wartawan berdiri dan berteriak, “ini tanda perpisahan dari rakyat Irak, anjing,” dan kemudian melempar sepasang sepatunya ke arah Presiden Bush, lemparan itu sedikit meleset.

Bush lalu menanggapi kejadian itu dengan candaan, “Yang bisa saya katakan adalah, sepatu itu nomor 10,” canda Presiden Bush setelah insiden. Itulah dia ke lima pejabat negara yang pernah dilempari dengan sepatu oleh pemrotes.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here