Tol-Laut

Ini Dampak 13 Tol Laut Yang Dibangun Jokowi-JK

BERITAPLATMERAH, JAKARTA-Konektivitas menjadi poin penting dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Untuk meningkatkan konektivitas, pemerintahan Jokowi-JK membangun tol laut.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengungkapkan dengan kehadiran tol laut mampu memangkas harga pangan hingga 40%. Kehadiran tol laut membuat kepastian pasokan, khususnya bahan pangan di berbagai daerah.

“Sudah memiliki 13 lintasan yang dikerjakan BUMN dan swasta dan sudah berhasil mengurangi disparitas 20-40%,” jelas Budi di Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2017).

Dalam perjalanannya program tol laut yang dimulai sejak 2015 hingga 2017 memiliki 13 rute. Rute-rute tersebut menyinggahi sebanyak 41 pelabuhan singgah di Indonesia, di mana 7 rute di antaranya ditugaskan ke Pelni dan 6 lainnya ke swasta.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menganggarkan dana Rp 380 miliar untuk program tol laut pada tahun anggaran 2017. Dana tersebut di antaranya Rp 220 miliar untuk membiayai enam trayek yang dioperasikan Pelni, sedangkan Rp 160 miliar untuk membiayai lima trayek baru.

Kehadiran tol laut juga bisa memfasilitasi para pelaku UMKM di timur Indonesia untuk memasarkan produknya ke wilayah barat. Sehingga kapal yang tadinya mengirim bahan pangan dari barat ke timur, bisa terisi lagi saat kembali ke barat.

“Hal yang sedang kami upayakan bagaimana Indonesia timur diberikan stimulus trade follow the ship buat buka ruang bagi saudara kita berusaha dan produksi ikan, tepung tapioka, rumput laut untuk dikirimkan ke barat,” ujar Budi.

Berikut 13 rute tol laut yang menyinggahi sebanyak 41 pelabuhan di Indonesia:

  1. Rute T1, yaitu Tanjung Perak-Wanci-Namlea-Wanci-Tanjung Perak.

  2. Rute T2, yaitu Tanjung Perak-Kalabahi-Moa-Saumlaki-Moa-Kalabahi-Tanjung Perak.

  3. Rute T3, yaitu Tanjung Perak-Calabai (Dompu)-Maumere-Larantuka-Lewoleba-Rote-Sabu-Waingapu-Sabu-Rote-Lewoleba-Larantuka-Maumere-Calabai (Dompu)-Tanjung Perak.

  4. Rute T4, yaitu Tanjung Perak-Bau Bau-Manokwari-Bau Bau-Tanjung Perak.

  5. Rute T5, yaitu Makassar-Tahuna-Lirung-Tahuna-Makassar.

  6. Rute T6, yaitu Tanjung Priok-Natuna-Tanjung Priok.

  7. Rute T7, yaitu Tanjung Priok-Enggano-Mentawai-Enggano-Tanjung Priok.

  8. Rute T8, yaitu Tanjung Perak-Belang Belang-207-Sangatta-P Sebatik-Tanjung Perak.

  9. Rute T9, yaitu Tanjung Perak-Kisar (Wonreli)-Namrole-Kisar (Wonreli)-Tanjung Perak.

  10. Rute T10, yaitu Makassar-Tidore-Tobelo-Morotai-Maba-Pulau Gebe-Maba-Morotai-Tobelo-Tidore-Makassar.

  11. Rute T11, yaitu Tanjung Perak-Dobo-Merauke-Dobo-Tanjung Perak.

  12. Rute T12, yaitu Makassar-Wasior-Nabire-Serui-Biak-Serui-Nabire-Wasior-Makassar.

  13. Rute T13, yaitu Tanjung Perak-Fakfak-Kaimana-Timika-Kaimana-Fakfak-Tanjung Perak.