militer

Indonesia Hentikan Sementara Kerja sama Militer dengan Australia

BERITAPLATMERAH, Perth – Indonesia menghentikan sementara kerja sama militer dengan Australia. Beredar kabar bahwa ada materi yang menghina Indonesia di tempat pelatihan militer Negeri Kanguru.
ABC Australia yang mengutip salah satu media nasional, menyebutkan bahwa Indonesia menghentikan sementara kerja sama militer dengan Australia meliputi sejumlah aspek.
Menurut ABC, Rabu, 4 Januari Kopassus diketahui tengah melakukan latihan bersama di pangkalan Special Air Service di Perth.
Mengutip Kadispen AD Mayor Jenderal Wuriyanto dari keterangan ABC, belum bisa dipaparkan alasan dari penghentian sementara ini. Namun Wuriyanto mengakui bahwa ada naik turun dalam kerja sama dua negara.
Tetapi berdasarkan informasi yang disebutkan oleh ABC dari media nasional, ada laporan bahwa seorang instruktur Kopassus yang merasa terhina dengan materi yang dipajang di tempat pelatihan itu. Materi itu dianggap merendahkan prinsip Pancasila.
Selain itu adapula penemuan oleh anggota Kopassus mengenai buku pelajaran untuk markas SAS yang merendahkan militer Indonesia.
Tidak diketahui untuk berapa lama penghentian kerja sama ini akan berlangsung atau tidak diketahui pula apakah penghentian ini bisa mempengaruhi latihan gabungan Indonesia dan Australia di masa depan.
Sumber : metrotvnews