Ilmuwan: Kutub Bumi akan Terbalik ! Bencana Besar Bagi Dunia

0
4

Beritaplatmerah – Bumi memiliki inti cair panas yang menghasilkan medan magnet, di mana medan tersebut mampu mempertahankan planet kita melawan angin Matahari yang menghancurkan.

Medan magnet tersebut meluas ribuan kilometer ke angkasa luar dan daya tariknya memengaruhi banyak hal, mulai dari komunikasi global hingga jaringan listrik.

Akan tetapi, medan magnet yang berpengaruh besar terhadap kehidupan Bumi melemah hingga 15 persen selama 200 tahun terakhir. Para ilmuwan mengklaim, hal itu menjadi pertanda bahwa kutub Bumi akan berbalik — dari kutub utara ke selatan dan sebaliknya.

Dalam sebuah laporan baru, Direktur Laboratory for Atmospheric and Space Physics di University of Colorado, Daniel Baker, mengklaim terdapat tanda-tanda kutub Bumi berbalik.

Baker mengatakan, terbaliknya kutub itu dapat membuat sejumlah area di Bumi menjadi tak dapat dihuni dan juga meruntuhkan jaringan listrik.

Dikutip dari Daily Mail, Kamis (1/2/2018), laporan tersebut ditulis oleh Alanna Mitchell dalam buku barunya yang berjudul The Spinning Magnet: The Electromagnetic Force that Created the Modern World and Could Destroy It.

“Bahaya: aliran partikel dari Matahari yang menghancurkan, sinar kosmik galaksi, dan sinar ultraviolet B yang berasal dari lapisan ozon yang rusak akibat radiasi, itu semua hanya beberapa dari kekuatan tak terlihat yang dapat membahayakan atau membunuh makhluk hidup,” tulis Mitchell.

Secara historis, kutub magnet Bumi baik Utara atau Selatan akan terbalik setiap 200.000 atau 300.000 tahun. Namun, terbaliknya medan magnet terakhir kali terjadi sekitar 780.000 tahun lalu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here