Hujan Lebat Guyur Jabodetabek Hingga Rabu

0
18

Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat masih akan mengguyur Jakarta dan sekitarnya hingga Rabu (17/2/2016). “Dari perkembangan kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya indikasi potensi kejadian hujan lebat dalam beberapa hari ke depan, terutama di wilayah Jabodetabek,” Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi Publik BMKG Hary Tirto Djatmiko, Minggu (14/2/2016).

BMKG mengimbau instansi pemerintah dan masyarakat siaga menghadapi hujan deras yang diperkirakan akan dimulai pada Senin sore (15/2/2016). Prakiraan BMKG, hujan akan makin lebat pada Selasa dini hari (16/2/2016).

Hary mengatakan, mulai hari ini di wilayah selatan Jakarta intensitas hujan cenderung meningkat. Curah hujan, kata dia, juga diprediksi akan semakin tinggi.

BMKG juga meramalkan seminggu ke depan berpotensi terjadi cuaca ekstrim di beberapa wilayah Indonesia. Selain Jabodetabek, hujan lebat juga akan mengguyur Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, dan Lampung.

Seluruh wilayah Jawa dan Bali hingga Nusa Tenggara Barat juga akan mengalami hujan lebat. Begitu juga Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, serta Papua bagian selatan. “Melihat masih tingginya potensi curah hujan di Indonesia, masyarakat yang tinggal di dataran tinggi diimbau mengantisipasi banjir bandang dan tanah longsor,” kata Hary.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here