Hobi Lari? Ada Empat Event Lari Gerhana matahari 2016

0
98

Jakarta – Penyuka olah raga lari bisa menikmati gerhana matahari total 9 Maret 2016 sambil menjalani hobinya. Beberapa daerah yang dilintasi gerhana akan mengadakan lomba lari untuk menyambut fenomena alam langka tersebut.

Menurut informasi yang didapatkan detikcom dari Kementerian Pariwisata, malam menjelang gerhana (8/3/2016) akan ada Glowing Night Run di Palembang. Rutenya, Bukit Siguntang menuju ke Benteng Kuto Besak.

Bukit Siguntang adalah titik tertinggi di Palembang dengan taman dan pepohonan besar. Bukit ini merupakan situs bersejarah tempat ditemukannya banyak artefak kerajaan Sriwijaya.

Benteng Kuto Besak yang jadi lokasi finish Glowing Night Run adalah bangunan keraton abad ke-18 di tepi Sungai Musi yang dahulu menjadi pusat Kesultanan Palembang. Alun-alun Benteng Kuto Besak adalah salah satu lokasi wisata favorit di Palembang terutama saat senja hingga malam hari dengan pemandangan Jembatan Ampera.

Sementara itu di Belitung rencananya akan ada dua event lari pada 6 Maret 2016. Kedua lomba itu adalah Belitung Ultra Beach Run dan Belitung Lantern Run.

Acara serupa juga ada di Maluku Utara lari jarak 10 kilometer. Acara itu dinamai Run Eclipse Run.

Kementerian Pariwisata mencatat sudah ada 100 acara menyambut gerhana di wilayah yang dilintasi gerhana matahari total 9 Maret 2016. Menteri Pariwisata Arief Yahya menargetkan jumlah wisatawan domestik yang akan menyaksikan fenomena langka ini sebanyak lima juta orang, sedangkan turis asing diperkirakan akan mencapai 100 ribu orang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here