HKTI Deklarasi Dukung Moeldoko Jadi Cawapres Jokowi

0
1

Bandung – Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) melakukan deklarasi mendukung Jenderal (Purn) Moeldoko menjadi calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo, Kamis (12/7) bertempat di Hotel Jayakarta, Dago, Bandung, tersebut dinamakan sebagai Deklarasi Dago HKTI 2018. Kemudian Deklarasi tersebut diberikan kepada Sekjen untuk selanjutnya disampaikan kepada Ketua Umum HKTI Moeldoko.

Sekretaris Jenderal HKTI Mayor Jenderal (Purn) Bambang Budi Waluyo mengatakan, tahun ini dan tahun depan adalah tahun politik. Pesta demokrasi Indonesia akan dilaksanakan pada 2019.

Dinamika politik dan isu-isu strategis nasional sudah terasa saat ini. Pihaknya meminta seluruh insan HKTI di Indonesia harus berhati-hati dalam bertindak, berucap, dan menyikapi perkembangan politik yang terjadi.

“Saya menegaskan bahwa HKTI tidak boleh berpolitik praktis. Politik HKTI adalah politik membangun kedaulatan pangan Indonesia,” ujar Bambang Budi Waluyo, Kamis (12/7)

Walaupun demikian, lanjutnya, pihaknya bangga dan mengapresiasi unsur masyarakat dan banyak pihak yang mengusung Ketua Umum HKTI Jenderal (Purn) Dr Moeldoko menjadi Wakil Presiden Republika Indonesia 2019-2024 mendampingi Bapak Joko Widodo.

“Kita serahkan kepada masyarakat dan HKTI akan mendukung dan menyukseskan apabila beliau diacalonkan menjadi wakil presiden mendampingi Bapak Joko Widodo, untuk kepentingan kemandirian pertanian Indonesia, kesejahteraan petani, dan ketahanan pangan nasional,” ujar Bambang Budi Waluyo.

Dalam sambutannya di acara Rakor HKTI di Hotel Jayakarta, Dago, Bandung, Jawa Barat, Bambang Budi Waluyo juga menyampaikan bahwa Moeldoko mendapat amanah menjadi Ketua Umum HKTI sejak 10 April 2018. Dalam waktu satu tahun Moeldoko sudah membawa HKTI menjadi lembaga dan organisasi yang kuat dan memiliki kontribusi bagi petani dan pertanian Indonesia.

Puncaknya bulan lalu, 28 -30 Juni 2018 menyelenggarakan event Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) yang mendapat respon sangat besar dari Presiden RI Joko Widodo. Presiden bukan hanya membuka ASAFF di Istana Negara pada 2018 Juni, tapi juga Presiden berkunjung langsung meninjau Pameran ASAFF pada 30 Juni 2018 di Jakarta Convention Center (JCC).

HKTI akan menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo yang meminta HKTI berperan aktif dan menjadi solusi pertanian Indonesia. HKTI harus menjadi motor dalam korporatisasi pertanian dan juga mengembangkan diversifikasi produk pertanian. “Sebagaimana arahan Presiden Jokowi dan Ketua Umum HKTI, kita harus mengembalikan kejayaan rempah Nusantara dan buah-buahan tropical,” pungkasnya.

Berikut Deklarasi Dago HKTI 2018:

Dewan Pengurus Pusat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menyatakan :

  1. Keluarga Besar Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) berkomitmen melaksanakan Visi, Misi, dan Program Kerja HKTI menjadi solusi bagi petani dan pertanian Indonesia.
  2. Keluarga Besar HKTI berkomitmen membangun ketahanan pangan, keamanan pangan, dan kedaulatan pangan Indonesia berbasis kesejahteraan petani.
  3. Keluarga Besar HKTI berkomitmen membangun dan mengembalikan kekayaan dan kejayaan rempah-rempah dan buah tropikal Nusantara.

Untuk mewujudkan maksud di atas, maka kami keluarga besar HKTI se-Indonesia Mendeklarasikan dukungan kepada Jenderal (Purn) Dr H Moeldoko S.IP dicalonkan sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 mendampingi Bapak Ir H Joko Widodo.

Keluarga Besar HKTI mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya petani Indonesia bersatu padu menjaga kesatuan dan persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here