Hitung Cepat, Putin Menang Telak di Pilpres Rusia

0
5

Presiden Rusia petahana Vladimir Putin diprediksi akan menang kembali dalam Pilpres Rusia 2019, via exit poll.

Dikutip dari BBC, Senin (19/3/2018), hasil exit poll sementara menunjukkan Putin memperoleh suara 73,9% suara. Dia mengalahkan tujuh kandidat lainnya.

Tujuh kandidat lainnya adalah Pavel Grudinin (57) dari Partai Komunis Federasi Rusia, Vladimir Zhirinovsky (71) dari Partai Liberal Demokratik Rusia (LDPR), yang sudah 6 kali menjadi capres, pakar ekonomi liberal Grigory Yavlinsky (65) dari Yabloko atau Partai Demokratik Bersatu Rusia, pakar hukum Sergey Baburin (59) dari Partai Russian All-People’s Union (ROS), pengusaha Boris Titov (57) dari Party of Growth yang baru kali ini mencalonkan diri dalam pilpres, insinyur Maxim Suraykin (39) dari Partai Communists of Russia, dan sosialita yang juga presenter televisi Ksenia Sobchak (36) dari Partai Civic Initiative.

Presiden Rusia memiliki masa jabatan 4 tahun untuk satu periodenya. Putin diketahui telah menjabat Presiden Rusia selama tiga periode, yakni tahun 2000-2004, 2004-2008, dan 2012-2018.

Putin yang memiliki slogan ‘Presiden kuat, Rusia kuat’ ini, menolak ikut serta dalam debat di televisi dan sama sekali tidak mempersiapkan material baru untuk iklan kampanyenya. Saat ini, Putin mendapatkan dukungan dari media nasional Rusia yang bisa membangun citra ke publik Rusia.

Selain itu, Putin dinilai memiliki dukungan kuat dari media nasional Rusia untuk menanamkan citranya ke publik Rusia, sebagai sosok presiden yang memulihkan stabilitas dan kehormatan nasional usai runtuhnya Uni Soviet.

Selama ini Putin berupaya menunjukkan peran Rusia sebagai kekuatan dunia yang utama. Beberapa waktu lalu dia memamerkan rentetan senjata baru Rusia yang diklaimnya ‘tak terkalahkan’.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here