Helikopter Hilang Kontak Di Samosir,2 Kru dan 3 Penumpang, Nasibnya Belum Jelas

0
20

Beritaplatmerah.com-Samosir-Helikopter jenis Eurocopter B4 call sign PKE-KA carteran milik PT PAS yang terbang dari Pulau Samosir pukul 11.30 WIB, diketahui jatuh. Diperkirakan heli jatuh di daerah desa Siparmahan, Desa Onan Runggu. Tim SAR pun telah mengirimkan empat tim untuk melakukan pencarian. Kepala Kantor SAR Medan, Rochmali, pada Senin (12/10/2015) mengatakan, pihaknya telah mengirimkan empat tim untuk melakukan pencarian. Tim tersebut terdiri dari, SAR, TNI, Brimob Siantar dan Polri.

Helikopter jenis Eurocopter B4.  (foto: planespotters)

Helikopter jenis Eurocopter B4.
(foto: planespotters)

Helikopter mulai hilang kontak setelah terbang dari Desa Siparmahan, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir menuju Bandara Kualanamu. Helikopter dijadwalkan sampai pada pukul 12.45 WIB, namun sampai sekarang heli tersebut tidak juga sampai.

Sebelumnya tim SAR sudah mengirimkan dua tim pada sore hari ke daerah Parapat dan Samosir. Namun ketika malam hari mereka mendapat informasi dari warga. Dari penuturan warga, ada yang melihat ada helikopter yang terbang dari sebelah timur pulau Samosir dan ada yang melihat dari sebelah utara pulau Samosir.

Meskipun cuaca hari ini kurang mendukung, tim sudah bergerak menelusuri wilayah darat dan air. Diperkirakan heli jatuh di daerah desa Siparmahan, Desa Onan Runggu.

Rochmali menjelaskan berdasarkan data yang diterima dari PT Pas selaku pemilik, di dalam Helikopter tersebut ada 5 orang yang terdiri dari 1 orang pilot bernama Teguh Mulyatno (55), Hari Purwantono(57) sebagai teknisi, dan 3 orang penumpang masing-masingĀ  Sugianto (47), Nurhayanto (46) dan Fransiskus (22).

Belum bisa dipastikan lima orang tersebut menjadi korban kecelakaan helikopter. Karena kehilangan kontak helikopter dengan pesawat komersial sangat berbeda dengan pesawat komersial biasa, sehingga bisa saja helikopter tersebut melakukan pendaratan di wilayah tertentu, dan sampai saat ini belum bisa memberi kabar kepada pihak yang bersangkutan.

Untuk posko informasi dipusatkan di bandara Kualanamu, sedangkan posko untuk pencarian, berada di desa Onan Runggu.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here