Heboh ! Jalan Tol Cigatas “Tunggu Peresmian”

0
4

Beritaplatmerah Rencana pemerintah untuk membangun jalan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) sudah sejak lama, namun hingga saat ini belum juga terwujud.

Pada Juni 2016 Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Yod Mintaraga mengatakan pihaknya sangat berharap rencana pembangunan Tol Cigatas itu dapat segera direalisasikan. Ia meminta Pemprov Jabar dapat terus mengawal dan melakukan percepatan dalam proses pembangunannya agar persoalan yang kerap muncul dalam proses pembangunan seperti pembebasan lahan dapat diminimalisir.

“Kita harapkan proses perencanaan seperti feasibilty studi dan DED (detail enginering design) bisa selesai tahun ini agar proses pembebasan lahan dan pembangunan jalan tol bisa segera dimulai,” ujar Yod kepada wartawan di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro Bandung, dikutif Tibun. Senin (20/6/2016) yang lalu.

Begitu juga pada waktu yang hampir bersamaan, Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Iwa Karniwa mengatakan rencana pembangunan tol yang menghubungkan wilayah Bandung Raya dan Priangan Timur mulai dari Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran itu saat ini sudah memasuki feasibility study (FS) atau studi kelayakan. Diharapkan studi kelayakan tersebut bisa tuntas pada Juli mendatang.

“Tahun 2017 kita harapkan sudah masuk pembebasan lahan. Kalau lancar, 2018 akhir mulai proses konstruksi. Mudah-mudahan setahun beres, tapi tergantung pada pembebasan lahan,” ujar Iwa.

Mengingat perjalanan dari Bandung menuju Tasikmalaya yang memakan waktu cukup lama, masyarakat Tasikmalaya dan sekitarnya sudah sangat merindukan keberadaan jalan tol. Apalagi menjelang hari raya dan setelah Idul Fitri dihadapkan dengan kemacetan yang luar biasa, perjalanan pun harus memakan waktu seharian karena macet. Padahal, jika menggunakan jalan tol, cukup bisa ditempuh paling lama 1 jam karena hanya sekitar 90 kilometer dari Cileunyi ke Tasikmalaya.

Diduga akibat ketidakpastian dari pemerintah untuk membangun jalan tol Cigatas, masyarakat Tasikmalaya merasa kecewa. Hal tersebut dituangkan dalam perbincangan di salah satu grup media sosial Facebook pada hari Selasa (5/2/2018) dengan mengunggah foto editan yang menggambarkan adanya gerbang tol Tasikmalaya, seolah-olah sudah selesai dibangun dan tinggal menunggu peresmian.

Postingan tersebut menunjukkan rasa ketidakpuasan warga akan rencana pemerintah yang diduga kurang seriusĀ  dalam menentukan skala prioritas pembangunan infrastruktur.

Berbagai komentar, antara sindiran dan harapan terhadap rencana pembangunan jalan tol Cigatas mewarnai postingan tersebut.

Berikut beberapa komentar warganet terkait postingan tersebut:

Rachmat Hidayat Atos aya rencana mah namina TOL BALITA (BAndung LImbangan TAsikmalaya…. Mung balita keneh engke psmi tos dewasa saurna …….

Amdan Ramdany Ahshony Pami jadi teh atoh te atoh..
Saya mah propesina tukang warung.
Jd mobil bakal seseerna kana tol trus usaha abi….??
Atohna mun rek k jkrta lancar tinggal ngeng..
Hanjakal na mayar kneh..
#saran mah mending alusan nu aya kmh carana neangan alternative..
Puguh deui gratis trs pedagang nu siga simkuring lancar..

R Rangga Budi boro boro tol.. jalan kota oge laletik keneh can di lebaran. kontol ge di gedean raos angot jalan ju di ageungan raos ka sarerea lain

Iwan Rustiawan Kinten kinten iraha cenah diresmikeunana
Mudah mudahan saenggalna supados teu macet ari nyaba teh.
Nagreg, gentong moal macet teuing

Yandi Arrafath Trisnand Ngantosan di Acc heula pinjaman danana alias ngahutangna,,,tos di Acc mah pasti beres jln tol na, mung punten we pami naraek deui pajak sareng kebutuhan pokok

Mas Sangad Mudah2an we ngawujud…warga tasik gaduh jalan tol….aamiin

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here