Habiskan Anggaran Rp 8,6 Miliar, Jembatan Cihambulu Tak Dapat Digunakan

0
1

PURWAKARTA – Jembatan Cihambulu yang terletak Desa Cijunti Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta Jawa Barat yang pembangunannya memakan anggaran Rp 8,669 miliar sedangkan untuk jalan nilainya Rp 3,298 miliar semua kegiatan ini dikerjakan oleh PT Dampu Awang, kini jembatan tersebut rusak tidak bisa digunakan oleh kendaran seperti biasanya (dikarenakan ambles, red).

Kabid Binamarga dan Pengairan Kabupaten Purwakarta Framono Nugorho saat ditemui beritaplatmerah.com di ruang kerjanya mengatakan, pembangunan jembatan Cihambulu mulai dikerjakan tahun 2016 tidak ada kendala, namun bulan januari 2018 jembatan tersebut rusak disebabkan ada gerakan tanah yang amblas 11 meter sebelum jembatan, dan untuk posisi jembatan belum bergerak.

“Sehingga kita pantau abutment dan terus ada pergerakan, dan pergerakan tersebut aktif beberapa mili perhari,” ujarnya.

Saat peninjauan evaluasi di bulan maret, kata dia, ada pergerakan tanah sehingga ada retakan sepanjang 50 meter disebelah kiri dan kanan. “Akhirnya pondasi jembatan tersebut harus direhabilitasi, bahkan harus dipasang besi 18 meter sampai 20 meter sekarang sedang proses diboring sampai 20 meter,” ucapnya

Anggota Dewan Purwakarta dari Komisi III, Dadang Sudirman dari partai PAN saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, jembatan Cihambulu yang rusak, dan anggaran sudah sesuai.

“Untuk anggaran memang sudah dilaksanakan sudah diserap, itu mendapatkan laporannya dari binamarga, sampai secara pisik kita liat beberapa kali kesanah itu memang sudah terwujud. Yang kedua ternyata ketika kita lakukan sidak kelapangan ternyata posisi jembatan itu ambles mengalami pergeseran,” ujarnya.

Menurutnya, masalah pergeseran dan lain sebagainya, itu sedang dilakukan kajian analisa atau diskusi dengan binamarga. “Tetapi kita kemarin mendapatkan dari pihak binamarga bahwa jembatan itu sudah diserahterimakan dari pihak ketiga oleh pemerintah daerah. Artinya, jebatan itu sudah seratus persen sudah selesa,” tandasnya. (02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here