IMG-20170131-WA0010

Guru Besar Fisika Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Hadiri Workshop Smart Teaching Di

Beritaplatmerah,Pacitan – Selama ini, salah satu mata pelajaran di kelas, yakni matematika menjadi momok bagi sebagian besar anak didik. Hal ini tentu menjadi keprihatinan tersendiri, sehingga berlatar belakang alasan tersebut Pemerintah Kabupaten Pacitan menggelar sosialisasi program peningkatan mutu pendidikan bagi guru bidang matematika dan smart teaching, di Pendopo Kabupaten Pacitan,(30/1)

Agenda peningkatan berbentuk workshop ini adalah program Kemitraan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Yayasan Pendidikan Adiluhung.

Workshop yang diselenggarakan APKASI bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan dan secara teknis dilaksanakan oleh Yayasan Pendidikan Adiluhung tersebut merupakan langkah strategis Dinas Pendidikan untuk memberi pemahaman komprehensif terkait dengan metode smart teaching yang dapat diterapkan para guru mata pelajaran Matematika di kelasnya masing-masing.

Turut hadir dalam sosialisasi ini guru besar bidang fisika dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga Yohanes Surya. Surya sendiri merupakan penulis produktif untuk bidang Fisika dan Matematika. Ada 68 buku sudah ditulis dan dijadikan referensi untuk siswa SD sampai SMA. Selain menulis buku, ia juga menulis ratusan artikel Fisika di jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional.

“Dalam konsep matematika yang menyenangkan, banyak sekali teknik penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang efektif dengan menggunakan cara sederhana, sehingga pelajaran seperti ini mestinya dimasukkan dalam kurikulum sekolah sejak dini sehingga anak-anak bisa lebih cepat menyerap pelajaran berhitung ,” kata Surya yang juga  pencetus istilah MESTAKUNG dan tiga hukum Mestakung, serta pencetus pembelajaran Gasing (Gampang, Asyik, Menyenangkan) ini.

Bupati Pacitan Indartato menyampaikan apresiasi atas digelarnya sosialisasi workshop tersebut.  Melalui program peningkatan mutu ini, kata Indartato, setiap guru Matematika diharapkan akan dapat memahami materi dengan baik serta tentunya dapat mengimplementasikannya.

Dia berharap kegiatan semacam ini menambah manfaat bagi perkembangan kompetensi guru di Kabupaten Pacitan khususnya di mata pelajaran Matematika.

“Terlebih kedepan, tantangan tenaga pendidik kian berat, sebab ilmu pengetahuan maupun pola pikir masyarakat terus berkembang,” Tuturnya.

Indartato bahwa prestasi guru di Kabupaten Pacitan selama ini sangat membanggakan di tingkat regional maupun nasional, dengan kegiatan ini akan semakin banyak guru yang berdedikasi.

“Hal tersebut sejalan dengan amanat PP nomor 74 tahun 2008 tentang guru pasal 2. Bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional,” tambahnya

Dalam program peningkatan mutu bidang matematika itu, para guru diajak untuk menjadi penumbuh semangat kreatif dan trik-trik unik dalam mengajar, khususnya pelajaran berhitung/matematika yang selama ini dikenal sebagai pelajaran yang susah dan sering membuat siswa menjadi kurang semangat belajar.

Tak kurang dari 100 peserta yang terdiri dari Kepala SMP, Kepala Unit pelaksana Teknis dan guru Matematika hadir dalam sosialisasi workshop tersebut. Selain itu turut hadir dalam kesempatan ini Bupati Pacitan Indartato, Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Sekretaris Daerah Suko Wiyono dan sejumlah pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pacitan.(tyo)