danau-toba-tempat-masyarakat-pesisir-_150818221539-928

Gubernur Sumut Buka Festival Danau Toba di Muara Taput

BERITAPALTMERAH,SUMUT-Gubsu Tengku Erry Nuradi membuka Festival Danau Toba tahun 2016 dengan memukul gondang Batak. (foto : Humas Pemko Siantar).

Taput, hetanews.com – Ditandai dengan pemukulan taganing, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sumut serta para kepala daerah, membuka secara resmi Festival Danau Toba (FDT) 2016  di Pantai Muara Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Jumat sore (9/9/2016).

FDT yang digelar Kementrian Pariwisata, Dinas Pariwisata Sumatera Utara serta Pemkab Taput ini diisi dengan berbagai kegiatan atraksi budaya, perlombaan olahraga tradisional, hiburan dan pameran kerajinan rakyat ini berlangsung mulai 9-12 September 2016.

Gubsu yang datang bersama anggota DPR-RI, Sukur Nababan (PDIP), Menteri Pariwisata yang diwakili Staf Ahli Hari Untoro, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Adi Prawoto, Danrem 023/KS Kol Inf Ricard Tampubolon dan didampingi Bupati Taput, Nikson Nababan serta Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor disambut dengan tortor yang dirangkaikan dengan pemakaian seperangkat pakaian adat Batak oleh tokoh masyarakat setempat.

Di hadapan ribuan massa yang memadati lokasi PDT, Gubsu mengatakan bahwa PDT merupakan salah satu upaya dalam mempromosikan Danau Toba ke segala penjuru, bahkan ke kancah Internasional. Dalam rangka itu, dibutuhkan peran serta pemerintah bersama masyarakat dalam rangka mewujudkan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata internasional yang telah dicanangkan Presiden.

Gubsu dan rombongan saat memasuki lokasi kegiatan pembukaan FDT 2016. (foto : Humas Pemko Siantar).

“Tahun 2015 lalu, ada sebanyak 229.228 turis dari manca negara yang berkunjung ke Sumatera Utara, dan 27 persen diantaranya mengunjungi langsung Danau Toba yang tersebar di tujuh kabupaten. Kunjungan mereka juga menggeliatkan perputaran ekonomi yang tidak sedikit. Sebanyak Rp 246 miliar lebih uang para wisatawan tersebut berputar di Sumatera Utara. Ini merupakan sebuah kemajuan yang harus terus ditumbuhkembangkan, demi kesejahteraan rakyat. Mari kita bekerja maksimal agar Danau Toba ini bisa menjadi tujuan wisata Internasional,” kata Erry.

Saat memberikan sambutan, Gubsu mengajak serta para kepala daerah yang hadir saat itu, diantaranya, Penjabat (Pj) Wali Kota Siantar, Jumsadi Damanik, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Bupati Toba Samosir (Tobasa) Darwin Siagian, Wakil Bupati Dairi Irwansyah Pasi, Bupati Samosir, Penjabat Bupati Tapanuli Tengah dan Wakil Bupati Pakpak Barat.

Anggota DPR, Sukur Nababan dalam sambutannya meminta Gubernur untuk lebih memperhatikan pembangunan di kawasan Danau Toba. “Pembangunan di tujuh kabupaten di kawasan Danau Toba jangan sampai tertinggal dari daerah lainnya di Sumatera Utara. Karena itulah, kedepan, wilayah di tujuh kawasan Danau Toba ini harus menikmati pembangunan sebagaimana daerah lainnya. Apalagi kawasan Danau Toba merupakan warisan dunia sehingga pemerintah pusat juga punya tanggungjawab membangun infrastruktur di wilayah ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Taput, Nikson Nababan dalam sambutannya mengatakan, FDT diharapkan bisa membangkitkan kembali destinasi pariwisata Danau Toba yang sangat potensial menjadi objek wisata berkelas dunia.

“Karena itulah, kami selaku tuan rumah sengaja menggelar FDT ini persis di tepi Danau Toba, Kecamatan Muara, agar Muara ini memiliki spesifikasi sebagai salah satu gerbang destinasi wisata dari tujuh kawasan tepi Danau Toba,” sebut Nikson.

Acara pembukaan yang diisi dengan tarian kolosal empat puak yang ada di Kawasan Danau Toba oleh 200 orang siswa SMA Negeri 1 Muara ini juga dihadiri sejumlah anggota DPRD Sumatera Utara beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Taput dan Humbahas serta pejabat lainnya di Sumatera Utara.(hatenews)

Read previous post:
ab196dbf-e850-46cf-8017-8d063d57530b_169
Jabat Kepala BIN,Budi Gunawan Resmi Bintang Empat

BERITAPLATMERAH,JAKARTA - Setelah resmi menjadi Kepala Badan Intelijen Negara, pangkat Budi Gunawan pun naik menjadi Jenderal Polisi bintang 4. Jenderal...

Close