GAWAT,PROYEK INFRASTRUKTUS PANGKAL BULIAN- KASANG MELINTANG DIBANGUN DIATAS HGU

0
31
BERITAPLATMERAH.Sarolangun-Gawat,proyek pembangunan infrastruktur pangkal Bulian-Kasang Melintang Kecamatan Pauh diduga bermaslah, Proyek jalan yang dibiayai oleh APBD Sarolangun tahun anggaran 2016 yang menelan dana 3,2, dibangun diatas tanah Hak Guna Usaha (HGU) PT.Krisna Duta Agroyana (PT.KDA) Kecamatan Bathin VIII.
Awal diketahuinya bahwa proyek tersebut berada diatas lahan HGU bermula setelah dilakukan cek and ricek di lapangan tanggal 16 Desember 2016. Fakta dilapangan, proyek tersebut  dibangun tidak sesuai dengan titik awal pekerjaan”kenyataan proyek ini dibangun diatas Hak Guna Usaha (HGU) PT.KDA,,panjang kurang lebih 2 km,seharusnya proyek ini dipokuskan pada titik awal dari Desa Pangkal Bulian menuju Desa Kasang Melintang.
Pada saat konfirmasi dengan nama Iden Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sarolangun,mereka menjelaskan bahwa  pengalihan proyek tersebut telah sesuai dengan aturan.
Atas pengakuan Iden sebagai Kabid Bina Marga saat dikonfirmasi awal bulan Pebruari 2017 tersebut ,Platmerah mencoba mencari tahu kebenarannya tentang pengalihan proyek tersebut dari rencana awal,sebab perencanaan awal, titiknya adalah Pangkal Bulian Kasang Melintang.
Pengalihan tersebut  ke tempat lain,berarti perencanaan dan RAB serta Gambar berubah dari semula,sedangkan menurut aturan,merubah lokasi proyek  harus berdasarkan usulan baru lewat Kabag Hukum untuk mendapatkan SK penempatan lokasi dari Bupati.
Selain dari  persoalan pengalihan proyek tersebut juga terindikasi sarat dengan  korupsi,dimana volume yang dikerjakan sesuai keterangan Iden Kabid Bina Marga panjang kurang lebih 8 km,6 km pangkal Bulian kasang Melintang,2 km diatas HGU PT.KDA .
Atrizal salah satu Aktivis yang peduli pembangunan di Sarolangun saat dikonfirmasikan terkait hal tersebut menjelaskan,pelaksanaan proyek “merusak tatanan Administrasi Negara,,dan itu bertentangan dengan aturan,kok dibangun diatas tanah Hak Guna Usaha (HGU) Perusahan,ini semestinya harus dibongkar karena tidak sesuai dengan peruntukannya,persoalan ini saya akan lapor kepada alat penegak hukum demi menyelamatkan uang Negara.”katanya (Rifaiduri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here