IMG-20170211-WA0004

Festival Seni Karawitan Warnai Hajatan 272 Kabupaten Pacitan

Beritaplatmerah,Pacitan – Rangkaian acara Hari Jadi Pacitan(Hajatan) ke 272 tahun 2017 telah di mulai, Berbagai acara akan meriahkan Hajatan tersebut, Seperti halnya kali ini yaitu Festival Karawitan tingkat SMP/SMA se Kabupaten Pacitan yang di laksanakan di Pendopo Kabupaten.(11/2)

Acara yang di helat oleh PSHT Teratai Cabang Pacitan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan di laksana selama dua hari di mulai Hari ini tanggal 11-12 Februari 2017 di ikuti peserta dari SMP dan SMA se kabupaten Pacitan.

Dalam kesemoatan tersebut Bupati Pacitan Indartato secara resmi membuka Festival tersebut, Dalam sambutan nya Bupati meminta kepada generasi Penerus agar selalu melestarikan budaya daerah/tradisional, Ucapan terimakasih kepada PSHT Teratai Cabang Pacitan yang menjadi motor dalam pelaksanaan Festival yang menyabut hari jadi Pacitan yang ke 272.

“Saya berharap event seperti ini selalu ada agar para generasi muda tetap cinta akan budaya tradisional dan wajib melestarikan nya,”ungkapnya.

Kepada Dinas Pendidikan agar di buat exstra Kulikuler kesenian tradisional agar para murid mencintai budaya Jawa seperti Karawitan dll,tambahnya.

Di temui secara terpisah Kabid Pendidikan SD/SMP  Sukatmin menjelaskan kegiatan Festival Karawitan ini merupakan program dari PSHT Teratai yang bekerja sama dengan Dinas pendidikan melaksanakan kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya Jawa agar generasi penerus tetap Cinta dengan budaya sendiri.

Apa lagi di era globalisasi seperti saat ini pengarus dari Internet sangat kuat dengan menampilkan budaya-budaya luar, Sehingga jika tidak kita dengan gencar melaksanakan pemahaman terhadap anak didik akan budaya tradisional maka kelak mereka akan menjadi lupa dengan budaya sendiri.tambahnya.

Dalam acara ini panitia pelaksana mengambil juri dari ISI Surakarta,dengan tujuan agar netralitas nya terjamin,karena perhelatan ini sekala Kabupaten, Jadi agar apa yang peserta raih benar-benar murni dan dari hasil kerja keras para pembina dan peserta.(tyo)