IMG-20170210-WA0024

Festival Cap Go Meh 2017 Di Meriahkan 656 Tatung Dan Di Hadiri Pejabat Negara Sahabat

Festival Cap Go Meh 2017 Di Meriahkan 656 Tatung Dan Di Hadiri Pejabat Negara Sahabat

Singkawang – Puncak perayaan Cap Go Meh yang jatuh tepat di hari ke-15 dalam penanggalan Imlek, Menjadi even yang ditunggu-tunggu di Kota Singkawang. Tradisi tahunan masyarakat tionghoa ini selalu menjadi magnet bagi para wisatawan, karena menjadi pusat pawai dan atraksi tatung terakbar se-Indonesia di laksanakan Besok (11/2)

Sejak Kamis suasana di kota berjuluk seribu kelenteng ini mulai terlihat ramai. Bahkan sebelum masuk ke pusat kota, di pinggir-pinggir jalan, tiap kelenteng mulai melakukan berbagai persiapan.

Bendera dan umbul-umbul khas arakan tatung mulai dikibarkan. Tandu-tandu untuk mengusungnya juga telah dipasang. Lengkap dengan peralatan atraksi berupa bilah-bilah parang dan senjata tajam lainnya.

Tiap kelenteng atau pekong memang identik dengan tatung. Biasanya masing-masing kelenteng minimal menurunkan seorang tatung yang siap dirasuki roh dewa-dewi untuk berpartisipasi dalam pawai dan atraksi.

Seperti yang terlihat di Vihara Dharma Budha Cetya Sukka Vagga di Jalan Raya Tanjung Gundul, puluhan bendera warna-warni telah terpasang di halaman. Riuh tabuhan gendang mulai dimainkan.

Selain vihara, persiapan menyambut Cap Go Meh juga dilakukan oleh tatung secara personal. Tatung Ajung (65) dan keluarga misalnya. Tahun ini rencananya ia bakal menurunkan tatung lebih ramai dibanding tahun lalu.

“Tahun ini ada 11 tandu dan 11 tatung. Tahun lalu kan hanya tujuh tatung saja,” ujarnya(10/2).

Sepanjang halaman rumahnya, yang berada di sebuah gang di Jalan Budi Utomo itu sudah dipadati ke-11 tandu tersebut. Ajung terlihat sibuk menyiapkan tiang-tiang bendera yang bakal digunakan.

Terpisah, Ketua Panitia Cap Go Meh Singkawang 2017, Wijaya Kurniawan mengungkapkan, sampai saat ini sudah ada 565 tatung yang terdaftar dan siap memeriahkan festival Cap Go Meh.

Festival Cap Go Meh rencana akan di hadiri Presiden Joko Widodo,Dan tamu Negara juga Dubes yg di rencanakan hadir diantaranya Wakil presiden Seiselensa (Afrika),Menteri Hukum dan HAM Indonesia,Menteri Ristek Malaysia,Menteri Pariwisata, Aparatur Sipil, Perbatasan dan Kelautan Rep Seiselensa,Sekjen ASEAN,Sekjen VVCi Vietnam Dubes,Brunei,Laos,Myanmar,Malaysia,Kamboja,Philipina,Zimbabwe,Afrika Selatan,Mozambik,Ethiopia,Rusia,Kazakstan,SaudiArabia,India,Afganistan,Yunani,Mongolia,Cuba,Venezuela,Panama,Italia,Croasia,India,Srilangka,Ukraina,Belarusia,terangnya.

Wakil ketua MPR RI Yang juga merupakan Putra Kalimantan Barat Oesman Sapta (OSO) dan tamu Undangan dari dalam dan luar negri tadi Pagi tiba di Pontianak dan di sambut dengan jamuan di Pendopo Gubernur oleh Cristiandi Sanjaya Wagub Kalbar,Jelas Ketua Panitia.

Menurut Ketua Panitia Festival Cap Go Meh menjelaskan Para tamu Negara tadi siang setelah di terima Wakil Gubenur di lanjutkan Meninjau Masjid Raya Mujahidin Pontianak dan Gereja Katedral Santo Josef Pontianak, Selanjutnya rombongan melanjutkan perjalanan ke Kota Singkawang dalam rangka melihat perayaan Cap Go Meh,terang Wijaya Kusuma.

Dan Hari ini para tatung akan memulai ritualnya, Mereka secara bergantian sudah akan turun ke jalan. Ritual ini merupakan upacara bersih-bersih jalan kota yang bakal dilalui saat pawai tatung pada puncak perayaan Cap Go Meh, Sabtu (11/2) besok.

“Untuk ritual cuci jalan dimulai besok (hari ini). Biasanya sejak jam 07.00 pagi sampai sore, terus bergantian,” tuturnya

Prosesi ini dimaksudkan untuk mengusir roh-roh jahat atau tolak bala. Melalui ritual ini, jalan-jalan yang akan dilalui dipastikan harus terbebas dari hal-hal negatif. Salah satu pekong yang wajib dikunjungi untuk sembahyang penghormatan yakni Vihara Tri Dharma Bumi Raya di pusat kota. Hari ini, pekong tertua di Kota  Singkawang tersebut dipastikan mulai ramai dikunjungi warga dan wisatawan. (tyo)