dilaporkan-hilang-dubes-yunani-untuk-brazil-dibunuh-selingkuhan-istrinya-k0f

Dubes Yunani Untuk Brasil Dibunuh Selingkuhan Istrinya

Beritaplatmerah, Brasilia – Duta Besar Yunani untuk Brasil, Kyriakos Amiridis, yang jasadnya ditemukan dalam mobil hangus terbakar ternyata dibunuh seorang polisi setempat. Yang mengejutkan lagi, terungkap bahwa polisi itu juga kekasih gelap istri sang dubes.

Tidak hanya itu, seperti dilansir AFP, Sabtu (31/12/2016), kepolisian Brasil menyebut bahwa pembunuhan ini direncanakan oleh polisi bernama Sergio Gomez Moreira (29) itu bersama istri Dubes Yunani, yang bernama Francoise de Souza Oliveira (40) dan merupakan warga negara Brasil.

Dituturkan ketua unit pembunuhan pada Kepolisian Brasil, Evaristo Pontes, bahwa Dubes Amiridis (59) dibunuh oleh Moreira pada Senin (26/12) waktu setempat. Jenazah Amiridis ditemukan dalam kondisi hangus terbakar di dalam mobil sewaan yang juga hangus, pada Kamis (29/12) waktu setempat. Sehari sebelumnya, Oliveira melapor kepada polisi bahwa suaminya hilang misterius.

Jenazah Dubes Yunani ditemukan di dalam mobil yang hangusFoto: AFP PHOTO/VANDERLEI ALMEIDA
Jenazah Dubes Yunani ditemukan di dalam mobil yang hangus

Kepolisian menyatakan baik Oliveira maupun Moreira telah mengaku menjalin hubungan asmara. Keduanya kini ada dalam penahanan kepolisian setempat. Satu tersangka lainnya, Eduardo Moreira de Melo (24) yang merupakan sepupu Moreira, juga ikut ditangkap polisi.

Kepada polisi, Oliveira menyangkal ikut terlibat dalam perencanaan pembunuhan ini, namun mengaku dirinya tahu soal tindak kejahatan ini.

Dubes Amiridis yang mulai menjabat di Brasil pada tahun ini, sedang berlibur bersama istrinya di Rio de Janeiro sejak 21 Desember lalu. Keduanya seharusnya baru kembali ke ibu kota Brasilia pada 9 Januari tahun depan.

Jenazah Dubes Yunani ditemukan di dalam mobil yang hangusFoto: REUTERS/Ricardo Moraes
Jenazah Dubes Yunani ditemukan di dalam mobil yang hangus

Oliveira awalnya menuturkan kepada polisi bahwa Dubes Amiridis pergi meninggalkan apartemen tempat mereka menginap di Rio dengan membawa mobil dan tidak kembali. Keterangan Oliveira itu memiliki kontradiksi. Setelah jenazah Dubes Amiridis ditemukan, kepolisian kembali menginterogasi Oliveira.

Bekas darah yang ditemukan di sofa yang ada di dalam apartemen yang menjadi tempat menginap Dubes Amiridis dan Oliveira memberikan petunjuk besar untuk penyidik kepolisian. Polisi meyakini korban dibunuh di sana, kemudian jasadnya dimasukkan ke mobil dan dibawa ke lokasi temuan jasad.

Polisi menyebut, Oliveira menawarkan imbalan US$ 25 ribu pada de Melo untuk membantu pembunuhan sang dubes.

Jenazah Dubes Yunani ditemukan di dalam mobil yang hangusFoto: AFP PHOTO/Marie HOSPITAL
Jenazah Dubes Yunani ditemukan di dalam mobil yang hangus

Kepada polisi, Moreira mengaku dirinya berkelahi dengan korban dan kemudian membunuh korban dengan pistol miliknya. Namun para tetangga sekitar apartemen mengaku tidak mendengar suara tembakan. Sedangkan polisi menduga korban tewas ditusuk. Terlepas dari itu semua, autopsi akan dilakukan terhadap jasad korban yang hangus untuk mencari tahu penyebab kematian.