rel

Dua Lokasi Jalur Mudik Kereta Di Jawa Rawan Ambles

Beritaplatmerah.com-Dua titik lokasi yang dilalui jalur kereta api di wilayah Kedundang, Temon hingga Sentolo, Kulonprogo, Yogyakarta rawan ambles saat terjadi hujan.

Kepala Stasiun Wates, Heru Suprapto mengatakan, untuk mengantisipasinya, pihak PT KAI menambah intensitas pemantauan oleh petugas pemeriksa jalan (PPJ) untuk mengantisipasi rel yang ambles selama arus mudik lebaran kali ini.

Heru menambahkan, arus mudik di Stasiun Wates mulai terlihat sejak akhir pekan kemarin. Hal itu terpantau dari adanya peningkatan signifikan terhadap jumlah penumpang yang turun di Stasiun Wates.

Pada hari biasa, rata-rata jumlah penumpang yang turun di Stasiun Wates hanya mencapai 100-200 orang per hari, namun pada akhir pekan kemarin terpantau meningkat menjadi sekira 400 orang.

Heru menambahkan, untuk mempersiapkan peningkatan penumpang, pihaknya telah menyiapkan berbagai fasilitas stasiun sesuai standar pelayanan minimal, termasuk menyiapkan toilet khusus difabel.

Pos pengamanan juga sudah dibuka sejak Jumat 24 Juni 2016 hingga 17 Juli 2016 mendatang. Beberapa petugas dari kepolisian dan TNI disiagakan untuk membantu pengamanan stasiun maupun pantauan jalur kereta api. Hal itu diharapkan dapat memberikan jaminan keamanan dan kenyaman kepada para calon penumpang.

Diperkirakan, puncak arus mudik di Stasiun Wates akan terjadi pada Minggu 3 Juli 2016. “Tiket sudah terjual habis. Data terakhir hari ini, tiket tujuan Jakarta baru ada lagi tanggal 19 Juli,” katanya, seperti dikutip dariHarian Jogya, Selasa (28/6/2016).