Dokter Ini Bikin Daftar Lagu Khusus Persalinan

0
39

New York – Bagi wanita, saat-saat jelang persalinan bisa jadi saat paling menegangkan. Padahal kepanikan bisa membuat proses kelahiran terhambat. Memahami hal itu, seorang dokter di New York repot-repot menyusun daftar lagu.

Adalah Dr Jacques Moritz, seorang dokter ahli kandungan dari New York-Presbyterian Hospital yang berinisiatif untuk menyusun daftar lagu tersebut. Ia bahkan bekerjasama dengan Spotify untuk merealisasikannya.

Moritz mengaku sengaja membuat daftar lagu ini untuk menemani para wanita yang sedang menjalani proses persalinan. Ia berharap daftar lagu, yang kemudian disebutnya sebagai ‘The Birthing Playlist’ itu dapat membantu menenangkan sekaligus menghilangkan distraksi yang dirasakan para calon ibu ini saat berada di dalam ruang bersalin.

“Sebab di rumah sakit, khususnya ruang bersalin, suasananya begitu bising dan membuat orang susah fokus. Dengan adanya daftar lagu ini, para calon ibu tidak akan terganggu dengan suara-suara yang ada, tetapi juga bisa mengelola ketakutan dan rasa sakitnya sendiri, sehingga proses persalinan berlangsung lancar,” urai Moritz seperti dikutip dari ABC News, Senin (7/3/2016).

Lagipula, lanjut Moritz, mendengarkan musik sangat bermanfaat bagi wanita yang akan melahirkan karena musik memberi ‘kenyamanan dan kekuatan’ selama berlangsungnya proses persalinan karena pengaruhnya yang begitu kuat terhadap sistem limbik yang ada di dalam sistem saraf pusat. Sistem limbik inilah yang bertugas mengelola memori, emosi dan cara manusia menghadapi rasa takut dan rasa sakit.

‘The Birthing Playlist’ terdiri atas 30 lagu yang dibawakan berbagai musisi dari berbagai genre. Dimulai dengan lagu-lagu bertempo ‘lambat dan mellow’ kemudian lama-kelamaan beranjak menjadi lagu dengan ‘beat yang lebih kuat untuk menemani saat-saat ‘mendorong’. “Daftar lagu ini akan diakhiri dengan karya klasik Johann Sebastian Bach ‘Unaccompanied Cello Suite #1’ yang pas dengan momen saat ibu bertemu dengan bayinya untuk pertama kali,” katanya.

Nantinya, daftar lagu Dr Moritz dapat diunduh dengan mudah lewat Spotify. Namun Moritz tidak membatasi bila calon-calon ibu ingin menyiapkan daftar lagunya sendiri. Ia hanya merekomendasikan agar memilih lagu-lagu yang instrumentasinya kuat dan bila ditotal durasinya hanya mencapai 5-10 jam saja untuk menemani persalinan.

Berikut ‘The Birthing Playlist’ bikinan Moritz:
1. Pearl Jam – Just Breathe
2. James Bay – Let It Go
3. Regina Spektor – Don’t Leave Me
4. Sigur Rós – Festival
5. Death Cab for Cutie – Transatlanticism
6. The Lumineers – Ho Hey
7. Norah Jones – Sunrise
8. Craft Spells – After the Moment
9. Xavier Rudd – Follow the Sun
10. Lucinda Williams – Fruits of My Labor
11. John Lennon – Beautiful Boy (Darling Boy)
12. Colbie Caillat – Capri
13. D’Angelo – Really Love
14. Milton Nascimento – Nos Bailes Da Vida
15. Coldplay – Don’t Panic
16. Fleet Foxes – Your Protector
17. Yeah Yeah Yeahs – Maps
18. Kygo Maty Noyes – Stay
19. P!nk – Try
20. Muse – Starlight
21. John Legend – All of Me – Tiesto’s Birthday Remix
22. David Bowie, Queen – Under Pressure
23. U2 – With or Without You
24. Wilco – Impossible Germany
25. Arcade Fire – Wake Up
26. R.E.M. – Nightswimming
27. Patty Griffin – Heavenly Day
28. Iron & Wine – Naked As We Came
29. Beyoncé – Blue
30. Johann Sebastian Bach, Yo-Yo Ma – Unaccompanied Cello Suite

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here