Ditetapkan Jadi Tersangka, Mantan Gubernur Papua Ajukan Praperadilan

0
38

Beritaplatmerah.com-Jakarta-Mantan Gubernur Papua Barnabas Suebu melayangkan gugatan praperadilan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi atas penetapannya sebagai tersangka.

Barnabas Suebu ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi pengadaan detail engineering design Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sungai Mamberamo dan Urumuka, Papua, tahun anggaran 2009 dan 2010.

Pelaksana Tugas (Plt) Pimpinan KPK Johan Budi mengatakan KPK tetap menghormati keputusan seorang tersangka untuk melayangkan permohonan gugatan praperadilan terhadap KPK. Namun, KPK tetap akan melawan permohonan gugatan praperadilan tersebut di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Kami tentu siap menghadapinya,” tuturnya saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (22/6).

Seperti diketahui, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan menggelar sidang perdana gugatan praperadilan yang dilayangkan mantan Gubernur Papua, Barnabas Suebu terhadap KPK sebagai tergugat, atas penetapan dirinya sebagai tersangka KPK.

Sidang permohonan gugatan praperadilan tersebut akan digelar pagi ini sekitar pukul 10.00 WIB di PN Jaksel, dengan agenda pembacaan permohonan praperadilan dari pihak Barnabas Suebu.

Barnabas Suebu telah dijerat KPK dengan Pasal 2 atau Pasal 3 Undang-undang No. 31/1999 tentang Tindak Pidana Korupsi. Sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20/2001 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here