Dispencapil Nias Utara Hanya Mengandalkan Surat Keterangan KTP

0
20

Beritaplatmerah.com, Nias, Sumatera Utara – Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Nias Utara macet memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk urusan pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-el, justru hanya mengandal Surat Keterangan KTP.

Seperti halnya yang terjadi tiga hari yang lalu, seorang masyarakat dari Desa Fino, Kecamatan Tuhemberua, Kabupaten Nias Utara, sangat menyesal ketika hendak mengurus KTPnya di Dinas Kependudukan, namun stafnya mengatakan tidak ada mesin pencetakan KTP.

Bukan hanya itu, Yusman Zai Kepala Desa Botolakha Kecamatan Tuhemberua, Kabupaten Nias Utara yang hendak menarik honor aparat desanya di BRI Cabang Lotu dengan mengandalkan Surat Keterangan KTP yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Nias Utara, maka sorry aja, tidak berlaku.

Yusman Zai kepada Platmerah mengatakan bahwa Ia telah melakukan perekaman KTP dari bulan April lalu, tetapi sampai sekarang belum siap-siap KTPnya itu. Sementara anggaran telah tersedia dari APBD, ujarnya.

Lanjutnya, untuk menarik honor aparat desanya di BRI Cabang Lotu, Ya’aro Zai Kepala Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Nias Utara harus bertanggung jawab, “ya ! Kepala Dinas harus bertanggung jawab. Kalau tidak akan dilaporkan kepada Bupati”, kata Kades.

Padahal, ekspos Bupati Nias Utara 2015 pada fasilitasi kegiatan temu pers, Kamis 4 Juni 2015 tercatat bahwa : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Utara mempunyai 3(tiga) sasaran strategis untuk melakukan tugas pelayanan kepada masyarakat, yakni ;

Meningkatkan kualitas pengelolaan data dengan system informasi kependudukan dan pencatatan sipil, meningkatkan pengendalian dan penyebaran penduduk di Wilayah Kabupaten Nais Utara, seperti urusan pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-el, urusan pelayanan pencetakan Kartu Keluarga (KK), urusan pelayanan pindah datang penduduk dan meningkatkan kualitas pelayananpencatatan akta-akta bidang pencatatan sipil, seperti pelayanan pencatatan akta perkawinan, akta kelahiran, aktata kematian dan akta penceraian. (yh/pm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here