Diguncang Gempa, BNPB: Info Sementara Waikabubak Aman

0
27

Jakarta – Gempa 6,6 SR mengguncang wilayah Sumba Barat, NTT, dan menyebabkan komunikasi terganggu. Diketahui terjadi dua kali gempa susulan satu jam setelah gempa pertama melanda.

“Dari hasil monitoring BMKG  selama satu jam setelah gempa terjadi gempa susulan dua kali dengan kekuatan 3,9 SR dan 3,3 SR,” Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Jumat (12/2/2016).

Gempa pertama terjadi pada pukul 17.02 WIB tadi dengan pusat gempa di darat yaitu 14 km Barat Daya Sumba Barat dengan kedalaman 10 km. Sempat kesulitan mendapat informasi dari petugas setempat akibat komunikasi terganggu, BNPB menyebut saat ini kondisi di Waikabubak (ibukota Sumba Barat) aman.

“Adanya gangguan jaringan telepon dan fiber optik sebelum gempa, menyebabkan komunikasi sulit di Sumba Barat. Setelah dilakukan perbaikan, saat ini komunikasi sudah dapat dilakukan dengan Waikabuba. Berdasarkan informasi sementara dari BPBD Sumba Barat kondisi Waikabuba aman,” jelas Sutopo.

Listrik yang sempat mati pun saat ini sudah kembali menyala dan BPBD Sumba Barat belum mendapat laporan adanya korban jiwa ataupun kerusakan akibat gempa. Sutopo menyebut pihaknya akan segera bergerak untuk melakukan pemantauan.

“Besok pagi akan dilakukan pemantauan oleh BPBD dan aparat lain untuk melakukan kaji cepat. Masyarakat sudah kembali ke dalam rumah, meskipun beberapa kali terjadi guncangan akibat gempa susulan,” ucapnya.

Menurut Sutopo, gempa ini juga dirasakan di sejumlah wilayah di luar Sumba Barat. Seperti di Kabupaten Sumbawa, Denpasar dan Kintamani, Bali. Kemudian Gempa juga dirasakan di Kabupaten Sumba Barat.

“Sampai saat ini belum ada informasi atau laporan terkait dampaknya,” tutup Sutopo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here