Dari Kaki Bengkak, Vickie Ketahuan Idap Gangguan Fungsi Jantung

0
40

Texas, Di usia 48 tahun, Vickie N sudah mengubah gaya hidupnya karena ia memiliki riwayat keluarga dengan diabetes. Selama 10 tahun terakhir pun ia berhasil menurunkan berat badan 72 kg. Ia juga berusaha selalu aktif termasuk menjalankan usaha salon, menjadi orang tua asuh untuk balita, dan rutin berolahraga.

Hingga suatu hari, setelah dirinya bercerai, Vickie berjalan dengan kaki telanjang dan tidak sengaja ia menginjak batu. Saat itu, ia merasa kakinya sakit. Setelah itu, kaki Vickie membengkak dan ia segera berkonsultasi ke dokter spesialis kaki.

“Dokter membuka perban saya dan menyuruh saya segera menjalani operasi jika saya tidak ingin kehilangan seluruh kaki saya. Sebab, infeksi sudah terlalu parah dan akhirnya saya memutuskan menjalani operasi di mana dokter mengangkat separuh tumit saya,” tutur Vickie, dikutip dari Woman’s Day.

Tak berhenti sampai di situ, setelah operasi dokter memberi tahu Vickie bahwa jantungnya hanya bisa memompa darah sekitar lima persen. Padahal, rata-rata jantung memompa darah sekitar 55 sampai 60 persen. Vickie pun terkejut dibuatnya sebab menurut dia, tidak ada riwayat sakit jantung di keluarganya.

Chad D Christopherson, MD, kepala departemen kardiologi di Baptist Medical Center, San Antonio mengatakan kasus Vickie agak rumit karena ada penyumbatan di tiga arteri jantungnya sehinggga ia mengalami gagal jantung. Akibat kondisi itu, suplai darah ke kaki tidak cukup sehingga ketika kaki Vickie luka, luka tersebut tidak bisa disembuhkan.

“Karena Vickie adalah penata rambut, wajar jika dia mengira pergelangan kakinya bengkak karena terlalu lama berdiri. Untuk mengobati keadaan Vickie, kami menggunakan prosedur PCI protection di mana akan dipasang semacam pompa kecil untuk mensuplai darah sementara saat stent dimasukkan. Kami butuh waktu sekitar 3 jam untuk melakukan prosedur itu,” terang Christopherson.

Di pertengahan bulan Juli 2015, Vickie sudah dibolehkan pulang dari rumah sakit dan sudah mulai bekerja lagi di awal Agustus. Fungsi jantung Vickie juga sudah mencapai 35 persen. Kondisi kakinya pun sudah membaik. Meskipun, sampai saat ini ibu dua anak itu tetap melakukan pola hidup sehat dan sebisa mungkin menghindari stres.

Berangkat dari apa yang ia alami, Vickie menganjurkan masyarakat untuk rutin melakukan cek jantung terlepas dari apakah ada riwayat keluarga dengan penyakit jantung atau tidak. Sampai saat ini, Vickie mengaku dirinya bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here