Cara Bangkitkan Insulin Pasien Diabetes Tipe 1

0
26

Jakarta, Selama ini para pakar hanya memahami bahwa tubuh pasien diabetes tipe 1 kesulitan menghasilkan sel-sel pemicu insulin sendiri, sehingga harus dibantu dengan penggunaan suntik atau pompa insulin.

Menurut mereka, kondisi ini disebabkan oleh berkurangnya jumlah sel-sel beta yang bertugas menghasilkan insulin pada tubuh pasien diabetes tipe 1, yakni hingga sebanyak 90 persen.

Akan tetapi sebuah penelitian terbaru yang dilakukan peneliti gabungan dari Inggris dan Norwegia mengungkap, pasien diabetes tipe 1 sebenarnya masih punya sel-sel beta. Bukannya mati atau hilang, melainkan hanya berada dalam kondisi ‘tertidur’.

Penurunan jumlah sel tadi pun hanya terjadi saat usia yang bersangkutan masih dini. Setelah itu, sel-selnya tetap ada di dalam tubuh mereka, hanya saja tidak berfungsi lagi.

Hal ini dibuktikan peneliti dengan mengamati sampel 400 pankreas milik pasien diabetes tipe 1. Dari situ terbukti, mereka yang didiagnosis dengan diabetes tipe 1 saat masih berusia di bawah enam tahun dilaporkan mengalami diabetes tipe 1 yang lebih agresif ketimbang yang didiagnosis setelah remaja.

Hal ini karena terjadi proses yang disebut insulitis atau semacam peradangan yang membunuh hampir seluruh sel beta yang memproduksi insulin pada pankreas pasien muda.

Namun lain halnya bila seseorang didiagnosis diabetes tipe 1 saat masih remaja atau setelahnya. Dalam pankreasnya ternyata masih ada sel-sel beta tersebut, bahkan jumlahnya mencapai 50 persen, walaupun sudah tidak bisa berfungsi lagi.

“Bila kami dapat menemukan cara untuk mengaktifkan kembali sel-sel ini, maka proses produksi dan pelepasan insulin yang selama ini bermasalah pada pasien diabetes tipe 1 dapat teratasi.,” ungkap Prof Noel Morgan dari Exeter University Medical School, seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (10/2/2016).

Bahkan dengan temuan ini, Morgan berharap bisa memperlambat atau menghentikan laju perkembangan penyakit ini. Hanya saja cara untuk mengaktifkan sel-sel ini mungkin akan membutuhkan penelitian yang lebih panjang dan memakan lebih banyak biaya lagi.

Meski begitu, harapan bisa saja muncul, salah satunya mungkin terinspirasi dari hasil penelitian MIT dan Harvard University yang baru-baru ini berhasil ‘memadamkan’ diabetes tipe 1 dalam tubuh hewan percobaan.

Peneliti berhasil membuat hewan-hewan ini terbebas dari diabetes tipe 1 selama enam bulan, yaitu dengan transfusi atau memindahkan jutaan sel penghasil insulin ke dalam tubuh mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here