Camat Lawang Kidul Tutup Perkemahan Gebyar Wisata Tanjung Enim

0
13

Muara Enim (SUMSEL) l Beritaplatmerah – Kegiatan Perkemahan Gebyar Wisata (Pergyasata) Sesumatera Selatan tingkat Penggalang dan Penegak yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim akhirnya resmi ditutup Camat Lawang Kidul Drs Rachmat Noviar MSI, Minggu (1/4/2018) siang.

Kegiatan Perkemahan Gebyar Wisata yang telah berlangsung sejak Kamis, (29/3/2018) itu mengusung tema ” Gerakan Pramuka Kecamatan Lawang Kidul dan PT Bukit Asam Berbakti dan Berkarya Membangun Masyarakat Menuju Tanjung Enim Kota Wisata.

” Alhamdulillah, kegiatan Perkemahan Gebyar Wisata Sesumatera Selatan berjalan dengan lancar,aman,dan sukses, berakhir pada hari ini kita tutup, setelah pada Jumat (30/3/2018) lusa kemarin dibuka oleh bapak Sekda Muara Enim Ir H Hasanuddin MSI, mewakili bapak Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar yang berhalangan hadir. Jadi mereka akan kembali ke daerahnya masing-masing,” ucap Rachmat Noviar di sela persiapan upacara penutupan.

Dikatakannya, kegiatan Perkemahan Gebyar Wisata ini diselenggarakan oleh gerakan Pramuka Kwartir Lawang Kidul bersama Pemerintah Kecamatan Lawang Kidul dan PT Bukit Asam Tbk, dengan tujuan untuk mengenalkan Tanjung Enim Enim Kota Wisata.

“Ya paling tidak peserta yang datang akan tahu dalam menyongsonh Tanjung Enim Kota Wisata. Tadi banyak juga peserta yang tanya, kapan pak kegiatan seperti ini diadakan lagi,  lalu saya jawab insaAllah kalo di adakan lagi akan kita kasih tahu/undang,” ujar Rachmat Noviar.

Ambo Asse, Spd Ketua pelaksana kegiatan sekaligus menjabat Bupati Perkemahan Gebyar Wisata

Sementara itu,  Ambo Asse, S.Pd Ketua pelaksana kegiatan sekaligus menjabat Bupati Perkemahan Gebyar Wisata kepada wartawan media ini menjelaskan,  bahwa kegiatan perkemahan wisata ini diikuti peserta sebanyak 2.549 orang dengan rincian peserta penggalang SD putra berjumlah 43 regu, penggalang putri SD 36 regu, Penggalang SMP putra 19 regu,  penggalang SMP putri 20 regu, peserta penegak SMA putra 20 Sangga, peserta SMA putri berjumlah 20 Sangga. Peserta perkemahan Gebyar Wisata berasal dari kecamatan Lawang Kidul,  Muara Enim, Tanjung Agung, Semendo Darat Laut,  Rambang Dangku, Semendo Darat Ulu, Ujan Mas, dan Kabupaten/Kota Lahat,  PALI,OKI dan Empat Lawang.

” Jadi peserta kecamatan Tanjung Agung, Lawang Kidul Tanjung Enim, Muara Enim kota dan perwakilan kecamatan lainnya itu adalah peserta yang wajib ikut dan yang dari Kabupaten/kota itu perwakilan. Peserta mulai tingkat penggalang SD dan SMP dan penegak, SMA,” ujar Ambo Asse kepada sejumlah awak media.

Lebih lanjut Ambo Asse menjelaskan, hari pertama kegiatan dibuka dengan upacara pembukaan, lomba rangking 1, Out Bound, dan wisata ke Tambang dengan menggunakan 10 bus. Lalu hari kedua diisi dengan kegiatan Misi Sandi, Penghijauan, dan tiap malam nya digelar pentas Seni. Dan hari ketiga yakni lomba masak jadi koki, penghijauan dan upacara penutupan.

” Sebelumnya kita sudah melakukan persiapan dengan diawali pembentukan panitia sejak dua bulan kemarin dengan melakukan rapat secara terus menerus. Di lokasi kegiatan Buper kita sudah menyiapkan MCK dengan total 100 dan Tedmon air bersih untuk keperluan selama kegiatan,  kemudian penerangan dengan aliran listrik dari PTBA dan lain sebagainya,” tandasnya. (Aldo DJ) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here