Cak Imin Siap Dampingi HTI Gugat Perpu Ormas

0
6

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan kesiapan mendukung Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) mengajukan uji materi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) 2/2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Tak hanya mendukung uji materi Perppu Ormas ke Mahkamah Konstitusi, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar bahkan memastikan partainya juga siap mendampingi HTI menguji hak hukumnya.

“Saya menghargai dan menghormati HTI, bahkan kami siap dampingi untuk menguji hak hukumnnya. Tidak masalah. Bukan hanya mempersilahkan tapi siap mendampingi HTI, agar terjadi keadilan,” kata pria yang akrab disapa Cak Imin di kantornya kawasan Jakarta Pusat, Minggu (23/7).

Sebagai bentuk dukungan uji materi Perppu Ormas, Cak Imin akan mengajak HTI berdialog untuk menyelaraskan pemahaman tentang Perppu Ormas yang menyangkut prinsip negara.

“Ya dialog, undang ke sini. Agar tidak salah paham dengan Perppu yang prinsip negara,” kata Cak Imin.

Kuasa hukum HTI, Yusril Ihza Mahendra sebelumnya mengatakan, sejumlah ketentuan dalam Perppu Ormas bertentangan dengan UUD 1945. Sehingga, permohonan uji materi diajukan dengan tujuan meminta kepada MK membatalkan seluruh Perppu, atau setidak-tidaknya beberapa pasal yang ada di dalamnya.

Salah satu yang digugat, kata Yusril, soal ketentuan pembubaran ormas yang menganut atau menyebarkan paham yang bertentangan dengan pancasila. Yusril menilai, ketentuan itu multitafsir dan akan menimbulkan sikap sewenang-wenang dari pemerintah.

Selain HTI, ada 16 ormas lain yang berencana turut mengajukan uji materi ke MK di antaranya yakni Dewan Dakwah Islamiyah, Persatuan Islam, Wadah Islamiyah, dan sejumlah ormas Islam lainnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here