Buta Huruf, Seorang Ibu Berusia 31 Tahun Masuk Sekolah TK

0
7

Guizhou – Tak ada kata terlambat untuk belajar. Kalimat itulah yang dapat menggambarkan kondisi ibu dua orang anak di China.

Karena tak mendapatkan pendidikan sewaktu kecil, wanita berusia 31 tahun ini memutuskan untuk ikut kelas membaca di taman kanak-kanak.

Dikutip dari laman South China Morning Post, Jumat (9/3/2018), Shi Xiaoqin yang tinggal di provinsi Guizhou, China Selatan tampak duduk di bangku paling belakang sambil memperhatikan guru mengajar.

Meski harus duduk satu kelas bersama anak perempuannya yang masih berusia lima tahun, Xiaoqin tak pernah merasa malu dengan omongan orang lain.

Yang ia butuhkan hanyalah ilmu pengetahuan agar apa yang dinginkan dapat terwujud.

“Saya tak peduli apa kata orang tentang diri saya. Mendampingi anak perempuan saya di kelas adalah sebuah cara yang baik. Sehingga saya bisa mengerti pelajarannya dan dapat mengajari anak perempuan saya,” jelas Xiaoqin.

“Begitu saya tahu bagaimana membaca dan menulis, saya bisa membantu anak perempuan saya belajar di rumah, dan saat dia dewasa, dia akan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pekerjaan yang baik,” tambahnya.

Xiaoqin yang tinggal di wilayah Songtao Miao, China mengatakan bahwa ada berbagai alasan mengapa ia tidak pergi ke sekolah sewaktu kecil.

Tak ada keraguan bagi Xiaoqin untuk kembali belajar. Meski hidup susah, ia ingin sekali bisa membaca. Guru di kelas tersebut mengatakan bahwa Xiaoqin mengalami banyak sekali kemajuan.

Beda dengan murid di kelas lainnya, Xiaoqin tak bisa bermain-main. Selepas pulang sokolah ia harus balik ke rumah karena ada beberapa tanggung jawab yang harus ia selesaikan, seperti menyapu, memasak dan membereskan rumah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here