Begini Pendapat Safei Maarif Terkait Ucapan Selamat Natal

0
34

BERITAPLATMERAH, JAKARTA-Adanya polemik terkait ucapan selamat Natal dari umat beragama Muslim ke Umat Nasrani membuat Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Ma’arif angkat bicara.

Tokoh Islam yang dikenal moderat itu tidak mempermasalahkan jika ada umat Islam yang memberi ucapan perayaan hari natal.

Dia mengatakan bahwa dirinamya sudah puluhan tahun melakukan hal itu. Saya selalu menyamapiakan selamat natal setiap tahun,tidak ada masalah dan biasa saja,” katanya di gedung PPATK, Jalan Ir. Juanda, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Desember 2017.

Menurut Buya Syafii, sapaan akrab Syafii Ma’arif, ucapan selamat hari raya agama lain adalah bentuk menghargai sesama pemeluk agama. Bahkan, ia menyebutkan, para ulama di Mesir memperbolehkan seorang muslim mengucapkan selamat hari natal.”Di Mesir itu ulamanya membolehkan semua masa di sini tidak boleh. Marilah kita saling memahami, menghormati, menghargai. Kalau pakai teologi sempit dunia ini makin kacau,” ujarnya.

Selain itu, ia juga tidak mempermasalahkan penggunaan atribut perayaan natal. Buya menegaskan hal yang terpenting adalah seseorang tidak mengikuti ibadah agama yang lain.”Tidak ada masalah kalau saya. Saya dianggap kaum liberal kelompok sana terserah yang penting tidak ikut ibadahnya,” ujarnya. (AN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here