Begini Cara Mengatasi Rasa Gatal pada Puting Payudara

0
16

Beritaplatmerah – Apakah Anda pernah mengalami puting gatal saat masa kehamilan? Tak perlu cemas, karena hal ini ternyata adalah hal yang normal. Dilansir RAKYATKU dari newhealthadvisor.com, umumnya wanita hamil akan merasakan payudaranya gatal dan mengencang setelah proses pelekatan embrio pada dinding rahim.

Baca Juga: Payudaranya Terlalu Besar, Gadis ini Menderita

Meskipun termasuk hal yang normal, rasa gatal pada puting dan payudara mungkin menyebabkan rasa tidak nyaman, apalagi jika sedang berada di tempat umum. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa cara yang dirangkum dari doktersehat berikut ini:

1. Pilih bra menyusui berbahan katun
Bahan bra yang tidak nyaman juga bisa menambah rasa gatal pada payudara. Pilih bra berbahan dasar katun yang lembut, dingin dan menyerap keringat. Jangan lupa, saat hamil ukuran payudara Anda juga bertambah besar, sehingga sebaiknya kenakan bra yang ukurannya sesuai dengan payudara Anda.

2. Oleskan pelembap
Setelah mandi atau sebelum beraktivitas, oleskan pelembap pada payudara untuk mencegah kulit sekitar payudara menjadi kering. Mengoleskan pelembap setelah mandi mampu mengunci kelembapan alami dari air yang baik untuk kekenyalan kulit.

3. Tambahkan petroleum jelly
Petroleum jelly mampu melembabkan kulit lebih kuat dari sekedar pelembab biasa. Karena itu jika Anda merasa pelembab yang Anda gunakan belum mampu mengatasi gatal pada puting, coba tambahkan petroleum jelly usai mengoleskan pelembab. Sambil mengoleskan petroleum jelly, pijat lembut payudara Anda secara perlahan beberapa kali sehari.

4. Ganti detergen dengan aroma lembut
Bisa jadi, salah satu penyebab gatalnya puting Anda adalah karena penggunaan sabun atau detergen yang memiliki aroma kuat. Saat hamil, kulit Anda menjadi lebih sensitif sehingga mudah bereaksi pada zat kimia tertentu. Jika memang kulit Anda tidak bisa mentolerir pewangi pada sabun atau detergen yang biasa Anda gunakan, beralihlah pada sabun atau detergen tanpa pewangi yang tetap memberi kelembutan pada kulit atau pakaian Anda. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here