Bangunan Liar tanpa Izin, Kepala satpol pp kab. Bogor angkat bicara

0
20

Beritaplatmerah.com-Jakarta-Semakin maraknya bangunan liar yang tanpa mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dikabupaten Bogor, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja angkat bicara.

Terkait dengan penertiban atau pembongkaran bangunan liar tanpa izin, harus melalui prosedur oleh dinas yang terkait, hal ini yang dikatakan H. Tb. Luthfi Syam selaku kepala Sat Pol PP.

“Sorry, teman-teman tata bangunan dong jalan dulu..!, kan punya aspek pengawasan dan pengendalian, kalo memang menurut dugaan mereka ada pelanggaran”ucapnya.

dikatakannya bahwa ada mekanisme yang harus dijalankan, seperti, teguran melalui surat SP 1,2 dan 3 apabila sudah dijalankan maka POL PP yang melakukan tindakan. Selain itu, masalah IMB domainnya berada di tata bangunan.

“walaupun Pol PP menemukan masalah, kita melimpahkan ke mereka (tata bangunan), silahkan limpahkan, Ketentuannya begitu, harus ada pelimpahan,”tegas Lutfi kepada wartawan

Lebih lanjut dikatakannya, Ketentuan Peraturan Daerah (Perda) nomor 4 tahun 2014, tentang organisasi perangkat daerah yang artinya pol pp harus mengambil tindakan sesuai prosedur, melalui dinas terkait yang mempunya fungsi pengawasan dan pengendalian yang mempunyai peran untuk melakukan tindakan.

“Setelah ada limpahan, dari dinas terkait baru dilakukan pembongkaran atau eksekusi oleh sat pol pp,”jelas lutfi.

Artinya, lanjut Lutfi, masing-masing dinas harus bekerja, terlebih mempunyai fungsi pengawasan dan pengendalian, apabila tidak melaksanakan prosedur SOP fungsi pengawas pengendalian.

“apabila tidak menjalankan fungsinya sebagai dinas terkait, lebih baik bubarkan saja dinasnya dari pada tidur, apabila diserahkan semua ke pol pp,”kesal Lutfi.

Ditempat terpisah, Dinas Tata Bangunan dan Pemukiman menanggapi terkait, limpahan yang telah diberikan ke POL PP, kepala bidang tata bangunan Atis mengatakan, ada tiga kriteria, temuan pol pp, laporan masyarakat dan laporan dinas teknis.

“Sekarang kita sudah limpahkan beberapa limpahan, tapi tidak ditindak lanjuti oleh pol pp, tau taunya puncak itu sekarang  malah diam, waktu yang lalu sudah dilimpahkan, sebelumnya sempat ada tindakan oleh kasat Pol PP Dace, sebelum dijabat lutfi, untuk saat sekarang mana ?,” papar Atis.(Putra Tobng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here