Bambang Soesatyo Minta Medsos Diawasi Lebih Ketat

0
8
Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bekerja ekstra mengawasi media sosial (medsos) selama Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Pengawasan perlu mengingat meningkatnya akun palsu di media sosial yang disalahgunakan.
“Melakukan pengawasan intensif terkait penyebaran fitnah, hoax, dan hate speech di media sosial yang berpotensi menimbulkan konflik,” tegas Bambang melalui keterangan tertulis, Kamis, 15 Februari 2018.
Pria yang akrab disapa Bamsoet itu juga meminta pemerintah memanggil penyedia media sosial dalam rapat dengar pendapat untuk membahas persoalan tersebut. Menurutnya, sektor dunia maya perlu mendapat perhatian lebih di era kemajuan teknologi informasi.
“Menjadikan media sosial yang sehat dan netral,” ungkapnya.
Politikus Golkar itu juga meminta Komisi I DPR bersama Kemenkominfo mendorong BSSN objektif terhadap penyebar fitnah, hoax, dan hate speech di media sosial. Namun, penindakan mesti sesuai hukum yang berlaku.
Masyarakat pun diminta berpartisipasi. “Mengimbau masyarakat untuk menggunakan akun media sosial secara bijak dan melaporkan jika melihat akun-akun yang digunakan untuk menyebarkan fitnah, hoax, dan hate speech terkait Pilkada dan Pemilu ke Kemenkominfo, BSSN, dan Kepolisian,” ucap dia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here