Balap Liar yang Tak Ada Habis-habisnya, Perlu Diapakan Remaja Tanggung ini ?

0
15

Jakarta – Balap liar seperti tak ada habisnya. Pesertanya umumnya remaja tanggung. Mulai dari Jakarta sampai ke pelosok daerah, balap liar seperti sudah mewabah.

Setiap akhir pekan, sejak malam hingga dini hari ratusan pemotor dan penonton sudah memadati ruas jalan. Dan biasanya ada unsur taruhan di setiap balapan liar itu.

Entah apa yang dicari dari para remaja tanggung itu, apakah uang, eksistensi, atau yang lain. Pastinya ulah mereka berbuah banyak keluhan dari masyarakat lokasi sekitar balapan dan pengendara yang melintas.
Pihak kepolisian pun melakukan berbagai upaya mengatasi balap liar ini. Mulai dari razia sampai dengan membuat rencana untuk mengakomodir balap liar tersebut.

“Kalau memang ada (tempat) kita akan cari tempatnya setelah itu bagaimana mekanismenya paling tidak, ada standar pengamanan,” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Tito Karnavian kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (13/1).

Remaja yang akan balapan pun tidak sembarangan. Polisi akan memfasilitasi perlengkapan di ‘sirkuit’ jalanan tersebut. “Setelah itu kita kumpulkan adik-adik yang sering ngebalap biar tidak kemana-mana, lengkapi pakai helm, fasilitas kita siapkan, kita kumpulkan ini tempatnya kita jaga, kita tonton bareng-bareng,” imbuh Tito.

Persoalan balap liar ini juga dialami Kabupaten Bogor. Dan akhir pekan lalu ada 100 pebalap liar serta penontonnya diciduk. Menurut Kapolres Bogor AKBP Suyudi Ario Seto, Selasa (9/2), razia ini rutin dilakukan setiap pekan.

“Sekarang sudah jauh berkurang,” urai Suyudi.

Para remaja tanggung ini didata kemudian orangtua mereka dipanggil. Remaja tanggung ini juga akan mendapatkan pembinaan.

Lalu bagaimana dengan daerah lain?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here