Andika Perkasa Naik Pangkat Resmi Jadi Jenderal Bintang Tiga

0
8

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melantik 52 perwira tinggi yang naik pangkat. Di antaranya yang dilantik adalah Letjen Andika Perkasa yang kini menjabat Komandan Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Dankodiklat) TNI AD.

Berdasarkan keterangan dari Pusat Penerangan TNI, pelantikan Andika dan perwira tinggi lainnya berlangsung pada hari ini, Jumat (2/2), di Hanggar 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Pelantikan kenaikan pangkat itu diikuti 29 perwira TNI AD, 9 perwira TNI AL, dan 14 perwira TNI AU. Andika merupakan satu-satunya perwira TNI AD bintang tiga yang dilantik.

Andika merupakan mantan Pangdam XII/Tanjung Pura. Dia menggantikan posisi Letjen TNI Agus Kriswanto yang dipercaya menggantikan posisi Edy Rahmayadi sebagai Pangkostrad.

Karier Andika Perkasa terbilang cemerlang setelah menyandang jabatan sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI AD pada 2013. Setelah itu, dalam tiga tahun dia naik pangkat dari bintang satu menjadi bintang dua lalu tiga.

Kariernya langsung melesat ketika pada 2014, Presiden Joko Widodo mempercayakannya menjadi komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Menjabat sebagai Danpaspampres, Andika langsung menyandang pangkat Mayor Jenderal TNI.

Dua tahun mengawal Jokowi pada 2016, Andika dirotasi. Dia mendapat tugas baru sebagai Pangdam XII/Tanjung Pura.

Dengan naiknya pangkat Andika, dia masuk dalam jajaran enam pejabat TNI berbintang tiga.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here